Lubang Menganga di Jalan Daan Mogot

PDAM TKR Bantah Jadi Biang Keladi Amblasnya Jalan Daan Mogot Tangerang

PDAM TKR membantah pihaknya menjadi penyebab utama jalan amblas di Jalan Daan Mogot KM22 di Kota Tangerang pada akhir pekan lalu.

PDAM TKR Bantah Jadi Biang Keladi Amblasnya Jalan Daan Mogot Tangerang
TribunJakarta.com/Ega Alfreda
Manajer Humas PDAM Tirta Kerta Raharja (TKR) Kabupaten Tangerang, Syamsudin saat ditemui di kantornya, Senin (13/1/2020). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Ega Alfreda

TRIBUNJAKARTA.COM, TANGERANG - PDAM Tirta Kerta Raharja (TKR) membantah pihaknya menjadi penyebab utama jalan amblas di Jalan Daan Mogot KM22 di Kota Tangerang pada akhir pekan lalu.

Manajer Humas PDAM Tirta Kerta Raharja (TKR) Kabupaten Tangerang, Syamsudin mengatakan kalau pipa PDAM TKR bukan menjadi penyebab utama jalan amblas tersebut.

"Sangat disesalkan kalau Kementerian PUPR menuduh kalau itu dari pipa kita yang mengakibatkan longsor. Alasannya sangat tidak mendasar," jelas Syamsudin saat ditemui di kantornya, Senin (13/1/2020).

Ia menjelaskan alasan tudingan tersebut tidak masuk akal dan mendasar dan tetap menduga kalau ambrolnya jalan karena derasanya arus banjir di bawah tanah.

Sebab, kata Syamsudin, bila pipa PDAM TKR menjadi biang keladi longsor maka akan banyak laporan masyarakat yang mengadu sulit air karena pipa bocor.

Kenyataannya, tidak ada laporan pelanggannya PDAM TKR yang mengeluhkan tidak teraliri air sebelum ada kejadian ambrolnya Jalan Daan Mogot KM22.

"Ternyata saya menikmati air waktu itu air lancar-lancar saja ketika ada kebocoran itu. Pipa itu ketika patah dan bocor baru air tidak mengalir, artinya baik-baik aja selama ini," jelas Syamsudin.

"Kalau pipa kita yang menyebabkan jalan ambles pecah itu mungkin kita sudah lama pelanggan ada gangguan. Tapi sekarang biasa-biasa saja sebelum ada kejadian itu," sambung dia.

Jasad Benediktus Tambonop Dibawa Mobil Jenazah, Menuju Bandara Soekarno Hatta

Mengapa Medical Check Up Penting Dilakukan Rutin? Ini Jawaban Dokter

Sebelummya, alasan amblesnya Jalan Daan Mogot, Kota Tangerang terungkap karena bocornya salah satu pipa PDAM Tirta Kerja Raharja (TKR).

Akibatnya, jalan nasional yang menghubungkan DKI Jakarta dengan Kota Tangerang tersebut berlubang selebar tiga meter dan sedalam 2,5 meter.

Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Hari Suko mengatakan bocornya pipa karena sudah usia dan berkarat.

Lalu berujung pada amblasnya aspal di atasnya.

"Jadi karena pipa PDAM TKR ada yang bocor di dalamnya mengakibatkan jalan menjadi amblas. Pipanya juga ada yang karatan," jelas Hari di lokasi amblesnya jalan, Minggu (12/1/2020).

Penulis: Ega Alfreda
Editor: Ferdinand Waskita Suryacahya
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved