Breaking News:

Imlek 2020

Ini Deretan Wisata Budaya yang Dapat Dikunjungi saat Tahun Baru Imlek!

Selain menambah pengalaman, Anda pun bisa mengisi akhir pekan dengan aneka kegiatan wisata budaya.

Editor: Siti Nawiroh
TRIBUNJAKARTA.COM/Yusuf Bachtiar
Jelang perayaan Tahun Baru Imlek, sejumlah petugas mempersiapkan penataan lilin di Klenteng Hok Lay Kiong Bekasi, Rabu (22/1/2020). 

TRIBUNJAKARTA.COM - Imlek memang merupakan perayaan tahun baru bagi kalangan Tionghoa.

Walaupun Anda bukan berasal dari etnis Tionghoa, tidak ada salahnya ikut meramaikan Imlek dengan mencoba mengenal tradisi dan ritual selama perayaan Imlek.

Selain menambah pengalaman, Anda pun bisa mengisi akhir pekan dengan aneka kegiatan wisata budaya.

Menonton Wayang Potehi

Sekilas Wayang Potehi mengingatkan memori pada tokoh Unyil.

Sejumlah warga terlihat asyik menukmati perunjukan wayang potehi di halaman Klenteng Tay Kak Sie Semarang, Jawa Tengah, Rabu (19/6). Wayang Potehi merupakan salah satu jenis wayang khas Tionghoa yang berasal dari Tiongkok bagian selatan. Kesenian ini dibawa oleh perantau etnis Tionghoa ke berbagai wilayah Nusantara pada masa lampau dan telah menjadi salah satu jenis kesenian tradisional Indonesia. Menurut sejarah, diperkirakan jenis kesenian ini sudah ada pada masa Dinasti Jin (265 - 420 Masehi) dan berkembang pada dinasti Song (960 - 1279 M) dan masuk Indonesia sekitar abad ke-16 sampai 19. Dulunya Wayang Potehi hanya memainkan lakon lakon yang berasal dari kisah klasik Tiongkok seperti legenda legenda dinasti-dinasti yang ada di Tiongkok, terutama jika dimainkan di kelenteng. Seiring dengan perkembangan zaman, wayang inipun kemudia juga dimainkan dalam bahasa Indonesia sehingga penonton non-Tionghoa pun bisa menikmati cerita yang dimainkan dengan bahasa Indonesia.Bagi warga masyarakat semarang yang ingin melihat atraksi Wayang Potehi bisa datang langsung di Klenteng Tay kak Sie Semarang. Dalam pertunjukan ini menceritakan tentang Lo Thong Shou Pak dari Dinasti Tong Tiauw. Untuk pertunjukan sendiri di mulai pukul 15.00 sampai 17.00 dan pukul 19.00 sampai dengan pukul 21.00 WIB. (Tribun Jateng/Hermawan Handaka)
Sejumlah warga terlihat asyik menukmati perunjukan wayang potehi di halaman Klenteng Tay Kak Sie Semarang, Jawa Tengah, Rabu (19/6). (Tribun Jateng /Hermawan Handaka)

Wayang Potehi ini terbuat dari kain seperti boneka dengan lubang di bagian bawah.

Tangan dalang akan masuk ke bagian bawah ini untuk menggerakan wayang.

Seni Wayang Potehi merupakan pertunjukkan khas Tionghoa yang sudah berusia ribuan tahun.

Ada berbagai kisah yang dipentaskan Wayang Potehi, biasanya adalah cerita-cerita legenda dari negeri Tiongkok.

Paling terkenal tentu saja legenda Kera Sakti.

Halaman
1234
Sumber: Grid.ID
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved