Breaking News:

Perayaan Imlek di Jabodetabek

Kelenteng Hok Lay Kiong Bekasi Tidak Selenggarakan Pesta Kembang Api saat Perayaan Tahun Baru Imlek

Alasan tak digelarnya pesta kembang api menurut dia sekedar menghormati lingkungan sekitar agar tidak terganggu dengan bisingnya suara letupan

Penulis: Yusuf Bachtiar | Editor: Muhammad Zulfikar
TribunJakarta.com/Yusuf Bachtiar
Sejumlah umat sedang melakukan ritual sembahyang di Kelenteng Hok Lay Kiong Bekasi, Sabtu, (25/1/2020). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Yusuf Bachtiar

TRIBUNJAKARTA.COM, BEKASI TIMUR - Perayaan Tahun Baru Imlek 2571 di Kelenteng Hok Lay Kiong sedikit berbeda dengan perayaan tahun-tahun sebelumnya.

Panitia tidak lagi menyuguhkan pesta kembang api pada malam pergantian tahun.

Pengurus Kelenteng Hok Lay Kiong, Biokong (66), mengatakan, pesta kembang api biasanya disajikan pada malam pergantian tahun tepat pukul 00.00 WIB.

"Tahun ini kita tidak ada kembang api ya, berbeda dengan tahun lalu masig ada, itu dinyalakan pada malam pas tahun baru," kata Biokong, Sabtu, (25/1/2020).

Alasan tidak digelarnya pesta kembang api menurut dia sekedar menghormati lingkungan sekitar agar tidak terganggu dengan bisingnya suara letupan.

Disamping itu, ditiadakannya pesta kembang api juga bertujuan agar proses ritual umat dalam perayaan Imlek tidak terganggu.

"Supaya lebih khidmat ketika umat sedang bersembahyang tidak terganggu, menghormati lingkungan sekitar juga biar tidak terganggu," tegas dia.

Cerita Amanda, Penjual Tahu Viral yang Berparas Ayu Ternyata S2 Manajemen Bisnis

Polisi Tangkap Pelaku Penodongan Bersenjata Tajam di Warung Makan Petukangan Utara

Sementara itu, Sudrajat (60), Panitia Imlek Klenteng Hok Lay Kiong Bekasi mengatakan, selain pesta kembang api, perayaan Imlek di Kelenteng Hok Lay Kiong juga tidak disuguhkan dengan pentas seni dan budaya.

"Kalau pas malam tahun baru itu jarang sekali ada pentas seni, yang ada hanya fokus kegiatan sembahyang saja, paling nanti pas perayaan Cap Go Meh (ada pentas seni dan budaya)," terangnya.

Adapun untuk kegiatan selama Imlek di Kelenteng Hok Lay Kiong Bekasi diisi dengan serangkaian ritual sembahyang. Umat datang silih berganti untuk memanjatkan keinginan dan harapan di tahun baru.

"Kalau sembahyang biasanya dilanjut dengan pembacaan ayat-ayat suci. Keng atau paritta atau doa. setelah selesai ditutup dengan pemasangan hio atau dupa ditujukan ke satu yang mahakuasa lalu ke leluhur yang ada di sini dan leluhur-leluhur kita semua," jelasnya.

Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved