Viral di Media Sosial

Kabar Viral 4 Gunung Meletus Bersamaan Buat Geger, PVMBG Beri Penjelasan: Setiap Hari Selalu Ada

Di media sosial baik Twitter maupun Instagram, viral sebuah kabar yang menyebut empat gunung di Indonesia meletus secara bersamaan.

Penulis: Rr Dewi Kartika H | Editor: Siti Nawiroh
BNPB
Erupsi Gunung Anak Krakatau. 

TRIBUNJAKARTA.COM - Di media sosial baik Twitter maupun Instagram, viral sebuah kabar yang menyebut empat gunung di Indonesia meletus secara bersamaan.

Keempat gunung api tersebut adalah Gunung Anak Krakatau, Gunung Merapi, Gunung Kerinci, dan Gunung Semeru.

Kabar empat gunung meletus berbarengan itu muncul setelah masyarakat dihebohkan dengan suara dentuman, pada Sabtu (11/4/2020) dini hari.

TONTON JUGA

Pantauan TribunJakarta.com, di Twitter juga ramai tangkapan layar dari situs resmi MAGMA Indonesia, magma.vsi.esdm.go.id.

MAGMA Indonesia merupakan situs resmi yang menampilkan aktivitas dan status gunung-gunung di Indonesia.

Tangkapan layar tersebut menunjukkan empat gunung api di Indonesia mengalami erupsi, ditandai dengan gunung yang mengeluarkan asap.

"4 gunung meletus serentak? Krakatau, Merapi, Kerinci dan Semeru... #dentuman #BMKG #krakatau" narasi dalam kicauan tersebut.

Twit yang diunggah salah satu akun pada Sabtu (11/4/2020) pukul 03.00 WIB tersebut telah di-retweet lebih dari 800 kali dan mendapatkan likes lebih dari 2.600 akun.

Dikutip TribunJakarta.com dari Kompas.com, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) menyatakan, informasi tersebut tidak sepenuhnya benar.

Jenazah Dokter Pasien Corona Dikubur Tanpa Peti Mati, Petugas Bingung: Keluarga Gak Ada Sama Sekali

TONTON JUGA

Kepala Pusat PVMBG Kasbani mengatakan, erupsi gunung api di Indonesia terjadi setiap hari.

Namun, erupsi yang terjadi di empat gunung (Gunung Krakatau, Gunung Merapi, Gunung Kerinci, dan Gunung Semeru) tidak terjadi secara bersamaan.

"Memang sudah biasa ada beberapa gunung api erupsi di Indonesia. Setiap hari selalu ada erupsi. Tidak tepat kalau dikatakan bersama-sama waktunya," kata Kasbani saat dihubungi Kompas.com, Sabtu (11/4/2020).

Suara Dentuman Misterius Terdengar saat Dini Hari, Mbah Mijan Ketakutan: Merinding Parah Banget!

Halaman
123
Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved