Breaking News:

Pembatalan Ibadah Haji 2020

Ibadah Haji 2020 Ditiadakan, 1.285 Calon Jemaah Asal Tangsel Batal Berangkat

Sebanyak 1.285 calon jemaah haji pun batal menunaikan rukun Islam yang ke lima itu.

TribunJakarta/Jaisy Rahman Tohir
Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Tangsel, Abdul Rojak, di kantornya, Selasa (2/6/2020). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Jaisy Rahman Tohir

TRIBUNJAKARTA.COM, SERPONG - Kementerian Agama memutuskan membatalkan ibadah haji tahun 2020 karena Arab Saudi tidak kunjung membuka akses masuk bagi negara manapun.

Di Tangerang Selatan (Tangsel) sendiri, sebanyak 1.285 calon jemaah haji pun batal menunaikan rukun Islam yang ke lima itu.

"Pak Menteri Agama sudah memberikan keterangan resmi pembatalan penyelenggaraan haji tahun 2020 dan khusus untuk Tangsel ada 1.285 jemaah haji yang batal berangkat tahun ini."

"Keputusan Pak Menteri Agama ini sudah resmi sudah final dengan dikeluarkannya peraturan Menteri Agama nomor 494 tahun 2020 tentang pembatalan penyelenggaraan ibadah haji tahun 2020, jadi sudah resmi Indonesia tidak memberangkatkan jamaah haji di tahun 2020," papar Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Tangsel, Abdul Rojak, di kantornya, Selasa (2/6/2020).

Rojak mengatakan, sudah banyak jemaah yang menghubunginya secara langsung menanyakan nasib keberangkatannya terkati pembatalan ibadah haji.

Sejak Covid-19 menjadi pandemi, ribuan jamaah haji memang sudah bertanya-tanya, terlebih saat akses perjalanan umroh ditutup.

"Sudah banyak yang konfirmasi mengenai kejelasan dan tindak lanjut mereka harus melakukan apa dan lain sebagainnya, melalui telepon dan WhatsApp," jelasnya.

Meski begitu, belum ada yang meminta pengembalian uang, atau refund atas pembayaran yang dilakukan selama ini untuk berangkat ke tanah suci.

"Kalau ada yang minta kembali tidak ada, mereka cuma bertanya kelanjutannya, masalah uang yang sudah disetor, nanti kita jelaskan secara resmi setelah kita menerima surat penjelasan ataupun kebijakan tentang pembatalan haji dari kementerian pusat," jelasnya.

Ingat Bukan Makan Banyak, Makan Berkualitas Merupakan Cara Jaga Imunitas Tubuh di Tengah Pandemi

Kabar Terbaru dari Masjid Istiqlal Renovasi Hampir Rampung, Ini Sikap Pengurus Tanggapi New Normal

Pemberangkatan Batal, Bagaimana Nasib Biaya Ibadah Haji yang Telah Dibayarkan? Ini Kata Menag

Kemenag Tangsel pun segera menyosialisasikan hal pembatalan haji itu kepada jamaah dan biro keberangkatan haji.

"Ya nanti kita akan tindak lanjuti keputusan Menteri Agama ini dengan surat resmi dan dikirim ke biro perjalanan haji, travel dan internal Kementrian Agama dan secara umum kepada masyarakat dan khususnya untuk calon jamaah haji serta kita berikan penjelasan kepada calon jamaah haji kota Tangsel," ujarnya.

Penulis: Jaisy Rahman Tohir
Editor: Erik Sinaga
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved