Breaking News:

Tips Kesehatan

Jangan Sembarangan Beli Suplemen Saat Pandemi, Berikut Tips Aman Pilih Suplemen Kesehatan

Konsumsi suplemen kesehatan dilakukan oleh banyak orang untuk melengkapi kebutuhan nutrisi tubuh, ketika tidak dapat memenuhinya melalui makanan alami

Pixabay via BangkaPos
Ilustrasi Obat 

TRIBUNJAKARTA.COM, JAKARTA - Konsumsi suplemen di masyarakat meningkat di masa pandemi.

Konsumsi suplemen kesehatan dilakukan oleh banyak orang untuk melengkapi kebutuhan nutrisi tubuh, ketika tidak dapat memenuhinya melalui makanan alami.

Selain untuk melengkapi kebutuhan nutrisi, konsumsi suplemen juga membantu memelihara, meningkatkan dan/atau memperbaiki fungsi kesehatan.

Keterangan ini dikutip dari seri Buku Saku Suplemen Kesehatan untuk Memelihara Daya Tahan Tubuh dalam Mengobati Covid-19 yang dirilis oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Mei 2020.

Ilustrasi Vitamin
Ilustrasi Vitamin (Dreamstime.com)

Disebutkan, suplemen mengandung satu atau lebih bahan berupa vitamin, mineral, asam amino dan/atau bahan lain bukan tumbuhan yang dapat dikombinasi dengan tumbuhan.

Meski memiliki beragam manfaat, namun suplemen kesehatan tak boleh dikonsumsi secara sembarangan.

"Konsultasi dengan dokter untuk memutuskan penggunaan suplemen kesehatan yang tepat," tulis BPOM.

Selain itu, BPOM juga mengingatkan bahwa konsumsi suplemen kesehatan tidak untuk menggantikan makanan sehari-hari atau menggantikan obat yang dikonsumsi untuk menyembuhkan suatu penyakit.

Ilustrasi Obat
Ilustrasi Obat (Pixabay via BangkaPos)

"Penggunaan suplemen kesehatan lebih ke arah memenuhi dan melengkapi kebutuhan sehingga membantu agar tubuh pulih dari kondisi penyakit tertentu."

Dalam situasi pandemi Covid-19, klaim khasiat suplemen kesehatan telah diakui BPOM namun masih sebatas membantu memelihara daya tahan tubuh.

Halaman
12
Editor: Muji Lestari
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved