Breaking News:

Idul Adha 2020

Keterbatasan RPH jadi Alasan Warga DKI Tak Dilarang Lakukan Pemotongan Hewan Kurban

Panitia pemotongan hewan kurban tetap dapat melakukan pemotongan pada Idul Adha 1441 Hijriah dengan syarat mengikuti protokol kesehatan.

TribunJakarta.com/Yusuf Bachtiar
Lapak pedagang hewan kurban di Jalan Pulo Ribung, Pekayon Jaya, Bekasi Selatan, Kota Bekasi. 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Bima Putra

TRIBUNJAKARTA.COM, CAKUNG - Panitia pemotongan hewan kurban tetap dapat melakukan pemotongan pada Idul Adha 1441 Hijriah dengan syarat mengikuti protokol kesehatan.

Kepala Seksi Peternakan dan Kesehatan Hewan Sudin KPKP Jakarta Timur Irma Budiany mengatakan pemotongan tak dilarang karena keterbatasan Rumah Potong Hewan (RPH).

"Harusnya semua pemotongan di RPH, tapi RPH enggak bisa menampung semua. Jadi boleh di Masjid, tetapi memperhatikan protokol kesehatannya," kata Irma saat dikonfirmasi di Jakarta Timur, Senin (27/7/2020).

Bila mengacu Intruksi Gubenur DKI Jakarta Nomor 43 tahun 2020 tentang Pengendalian, Penampungan, dan Pemotongan Hewan Kurban di masa pandemi Covid-19.

Pemprov DKI Jakarta hanya memiliki dua RPH, yakni RPH Cakung dan RPH Pulogadung di Jakarta Timur yang dikelola PD Dharma Jaya selaku BUMD DKI.

"RPH Cakung untuk tempat pemotongan Sapi, RPH Pulogadung untuk tempat pemotongan Kambing. Kalau RPH Semanan di Jakarta Barat dikelola swasta," ujarnya.

Tak Cuma Nanas dan Daun Pepaya, Ini 10 Cara Hilangkan Bau Daging Kambing buat Sajian Idul Adha

Irma menuturkan lokasi pemotongan hewan kurban ditentukan Gugus Tugas Penanganan Covid-19 tingkat Kelurahan yang memiliki data epidemiologi.

Hanya wilayah RW yang berstatus zona hijau penyebaran Covid-19 boleh jadi tempat pemotongan, sementara zona merah dilarang.

Main Layangan di Rel, Bocah 10 Tahun Tewas Tersambar KRL di Duri Pulo

"Pemeriksaan kesehatan sebelum hari pemotongan kita lakukan pemeriksaan antemortem (masih hidup) dan setelah pemotongan atau postmortem (setelah dipotong)," tuturnya.

Pada hari pemotongan hewan kurban nanti Sudin KPKP Jakarta Timur sendiri mengerahkan 140 petugas yang disebar ke lokasi pemotongan di 10 Kecamatan.

Tujuannya mengantisipasi ada daging hewan kurban yang setelah dipotong diketahui tak layak konsumsi karena ditemukan cacing pita atau kondisi tak layak lain.

Penerapan protokol kesehatan di lokasi pemotongan dilakukan dengan membatasi jumlah orang karena kerumunan dikhawatirkan memicu penularan Covid-19.

Penulis: Bima Putra
Editor: Ferdinand Waskita Suryacahya
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved