Breaking News:

Sudin KPKP Jakarta Timur Temukan Cacing Pita Pada Organ Hati Sapi di 6 Kecamatan

Kasi Ketahanan Peternakan dan Kesehatan Hewan Sudin KPKP Jakarta Timur, Irma Budiany mengatakan kondisi diketahui dari pemeriksaan postmortem

Dokumentasi Sudin PKP Jakarta Timur
Petugas Sudin KPKP Jakarta Timur menunujukkan bagian hati Sapi yang terdapat cacing pita sehingga harus dibuang, Jumat (31/7/2020). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Bima Putra

TRIBUNJAKARTA.COM, MATRAMAN - Sudin Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Perikanan (KPKP) Jakarta Timur mendapati organ hewan kurban tak layak konsumsi pada Idul Adha 1441 Hijriah.

Kasi Ketahanan Peternakan dan Kesehatan Hewan Sudin KPKP Jakarta Timur, Irma Budiany mengatakan kondisi diketahui dari pemeriksaan postmortem (setelah kematian).

"Untuk pemeriksaan hari pertama pemotongan kemarin (31/7/2020) ditemukan 121.450 gram bagian hati Sapi yang terdapat cacing pita," kata Irma di Matraman, Jakarta Timur, Sabtu (1/8/2020).

Bagian hati Sapi tak layak konsumsi sehingga harus dibuang itu ditemukan di lokasi pemotongan kurban wilayah Kecamatan Duren Sawit.

Pulogadung, Matraman, Makasar, Kramat Jati, dan Pasar Rebo yang pemeriksaannya dilakukan jajaran Sudin KPKP Jakarta Timur di lokasi pemotongan.

"Kalau jumlah cacing pita sampai 50 persen maka satu bagian penuh hati harus dibuang. Tapi kalau di bawah itu atau masih berupa telur cacing, cukup bagian yang ada cacing saja dibuang," ujarnya.

Irma menuturkan 121.450 gram hati Sapi yang harus dibuang karena terdapat cacing pita tersebut ditemukan dari sekitar delapan ekor sapi.

Meski cacing pita dipastikan mati saat dimasak dalam air mendidih, namun rasa bagian hati yang dimasak berubah sehingga tak layak konsumsi.

"Untuk paru, hasil pemeriksaan postmortem pada hari pertama pemotongan hewan kurban kemarin ditemukan sebanyak 29.900 gram organ paru Sapi diafkir (dibuang)," tuturnya.

Halaman
12
Penulis: Bima Putra
Editor: Muhammad Zulfikar
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved