Breaking News:

Buronan Cai Changpan Gantung Diri

BREAKING NEWS Terpidana Mati Cai Changpan yang Melarikan dari Lapas Tangerang Ditemukan Gantung Diri

Chai Changpan buronan polisi ditemukan gantung diri di hutan Tenjo. Satpam setempat diancam tidak memberitahukan keberadaannya.

IST VIA KOMPAS
Cai Changpan, napi kabur dari Lapas Tangerang. 

Laporan wartawan tribunnews.com, Danang Triatmojo

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Terpidana mati kasus narkoba Lapas Kelas 1 Kota Tangerang, Cai Changpan yang sempat buronan akhirnya ditemukan polisi. Namun warga negara asal China itu ditemukan dalam kondisi tak bernyawa.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus mengatakan mereka mendapati Cai Changpan tewas gantung diri di dalam Hutan Jasinga, Bogor, Jawa Barat.

"Kami temukan meninggal dunia gantung diri," kata Yusri Yunus kepada wartawan, Sabtu (17/10/2020).

Dia menjelaskan polisi menerima informasi dari Satpam pabrik pembakaran ban di Hutan Jasinga bahwa Cai Changpan masuk ke dalam hutan tersebut.

Buronan polisi itu disebut kerap bermalam di lokasi. Satpam setempat diancam tidak memberitahu keberadaannya ke pihak luar.

"Kita dapat informasi dari satpam pabrik di Hutan Jasinga dia masuk ke hutan. Info dari satpam dia sering bermalam tapi nggak setiap hari. Dia (satpam) juga sempat diancam nggak boleh lapor ke siapa - siapa," tutur Yusri.

Tapi kemudian polisi mendapat informasi keberadaan Cai Changpan. Kemudian sejumlah tim kepolisian diterjunkan ke lokasi untuk melakukan penggerebekan pada pagi hari.

"Pagi tadi dilakukan penggerebekan dan kita temukan Cai Changpan sudah meninggal dunia," tegas dia.

Yusri belum menjabarkan bagaimana kronologi Cai Changpan akhirnya nekat gantung diri setelah sekian lama menjadi buronan polisi. Saat ini hal tersebut masih di dalami.

"Saat ini masih kita dalami," pungkas Yusri.

Polda Metro Jaya bersama Polres Metro Tangerang Kota telah menerbitkan status buron terhadap terpidana mati kasus narkoba Cai Changpan alias Cai Ji Fan (53) yang kabur dari Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas 1 Tangerang pada Senin (14/9/2020) lalu.

Cai Changpan melarikan diri dengan cara menggali lubang dari dalam kamar tahanannya menuju gorong-gorong yang menembus ke luar lapas. Alat yang digunakan adalah sekop yang didapatkan dari pembangunan dapur di dalam lapas.

Baca juga: Warteg di Tangsel Ini Bagikan Paket Makan Siang Gratis untuk Komunitas Teman Tuli

Baca juga: Melirik Pesta Pernikahan di Tengah Pandemi Covid-19, Makanan Dibungkus Hingga Batas Waktu 45 Menit

Baca juga: Sosok Rangga ‘Pahlawan Ibu’ Asal Aceh, Psikolog: Karakter Menolong Orang dan Membela Kebenaran

Terpidana telah melakukan kegiatan itu selama 8 bulan hingga akhirnya berhasil melarikan diri.

Cai Changpan sempat pulang ke rumah anak dan istrinya di daerah Tenjo, Bogor, Jawa Barat. Setelah melakukan pertemuan singkat, ia melarikan diri ke dalam hutan dekat lokasi tersebut. 

Editor: Erik Sinaga
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved