Breaking News:

Inna Lillahi wa Inna Ilaihi Rajiun, Duka Gontor Duka Bangsa Indonesia

Wafatnya seorang ‘kusuma bangsa’ seperti KH. Abdullah Syukri Zarkasyi, Pimpinan Pondok Modern Darussalam Gontor, menyisakan kesedihan abadi.

Editor: Y Gustaman
Istimewa
KH Abdullah Syukri Zarkasyi pimpinan Pondok Modern Darussalam Gontor meninggal dunia pada Rabu (21/10/2020). 

Oleh: KH. Imam Jazuli, Lc., M.A*

TRIBUNJAKARTA.COM Inna Lillahi wa inna ilaihi raji’un. Segala yang bernyawa pasti akan mencicipi kematian. Namun, wafatnya seorang ‘kusuma bangsa’ seperti KH. Abdullah Syukri Zarkasyi, Pimpinan Pondok Modern Darussalam Gontor, menyisakan kesedihan abadi.

Kiai Abdullah Syukri ini adalah putra pertama KH Imam Zarkasyi, salah seorang Trimurti Pendiri Pondok Modern Darussalam Gontor.

Pada tahun 1960-an, ia menamatkan Kulliyatul Mu’allimin al-Islamiyah (KMI) dan melanjutkan studi di IAIN Syarif Hidayatullah.

Sementara tiga puluh tahun kemudian, 1992, penulis baru mengenyam pertama pendidikan di Gontor. Walau hanya satu Minggu penulis meneguk ilmu Gontor, pondok yang dibangun oleh Trimurti dan sudah diberi fondasi oleh Syeikh Sulaiman Jamaluddin asal Cirebon itu.

Kiai Abdullah Syukri adalah ulama besar jebolan Al-Azhar University Kairo, mulai dari meraih gelar Licence (Lc.) tahun 1976 hingga Master of Art (MA) di tahun 1978.

Sejak tahun 1971, diangkat menjadi pengurus inti Himpunan Pelajar Islam, Kairo. Beliau figur ideal Azhariyyin.

Intelektualisme dan kepakaran Kiai Abdullah Syukri Zarkasyi dapat dilihat dari beragam karyanya, yang dalam hemat penulis terpusat pada tiga (3) topik utama: pendidikan Islam, ekonomi Islam, serta budaya dan sains Islam.

Beliau tampak sebagai seorang organisatoris modernis dalam memetakan gerak langkah pondok pesantren.

Pemikiran Kiai Abdullah Zarkasyi ini tertuang dalam aktivisme di Pondok Modern Darussalam Gontor. Idealisme beliau secara konkret dapat dipahami dengan cara melihat Pondok Gontor itu sendiri.

Halaman
123
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved