Breaking News:

KPAD Kota Bekasi Sarankan Disdik Pertimbangkan Kesiapan Orangtua Sebelum Gelar Belajar Tatap Muka

Ketua KPAD Kota Bekasi Aris Setiawan mengatakan, pihaknya meminta Disdik Kota Bekasi mempertimbangkan kesiapan orangtua dan siswa

TribunJakarta.com/Yusuf Bachtiar
Simulasi belajar tatap muka di SMPN 2 Kota Bekasi, Senin, (3/8/2020). 

Laporan wartawan TribunJakarta.com, Yusuf Bachtiar

TRIBUNJAKARTA.COM, BEKASI SELATAN - Komisi Perlindungan Anak Daerah (KPAD) Kota Bekasi angkat bicara soal rencana simulasi belajar tatap muka yang akan digelar Dinas Pendidikan (Disdik) Desember 2020 mendatang.

Ketua KPAD Kota Bekasi Aris Setiawan mengatakan, pihaknya meminta Disdik Kota Bekasi mempertimbangkan kesiapan orangtua dan siswa sebelum kegiatan simulasi dilakukan.

"Alangkah baiknya kesiapan sekolah tatap muka juga mempertimbangkan dari kesiapan orang tua dan siswanya sendiri," kata Aris saat dikonfirmasi Sabtu (14/11/2020).

Dia menjelaskan, Disdik Kota Bekasi tidak hanya fokus pada persiapan sarana dan pra-sarana di sekolah atau sibuk merancang teknis pembelajaran tatap muka.

Tetapi juga harus memastikan kesiapan orangtua dan siswa ketika mereka kembali melakukan belajar tatap muka.

Misalnya lanjut dia, kesiapan orangtua jika anaknya berangkat ke sekolah menggunakan kendaraan umum, lalu kesiapan dalam memberikan bekal makanan untuk siswa selama di sekolah.

"Pembelajaran era pandemi kan beda, anak-anaknya kan juga belum tau nih seperti apa mungkin terbiasa sebelum saat pandemi kan mereka terbiasa berbagi makanan, dan ini harus diajarkan. Butuh kesiapan matang sebetulnya," terangnya.

KPAD juga mengingatkan, Disdik tetap berpedoman pada hak pendidikan dan hak sehat anak dalam menjalankam program belajar tatap muka di masa pandemi Covid-19.

"Usulan kita jelas karena ada yang namanya hak pendidikan dan hak hidup sehat. Ini menjadi hak yang harus dipenuhi oleh anak-anak kita," tuturnya.

Halaman
12
Penulis: Yusuf Bachtiar
Editor: Muhammad Zulfikar
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved