Breaking News:

Pilkada Kota Tangsel

Digelar Saat Pandemi Covid-19, Partisipasi Pemilih Pilkada Tangsel Justru Melonjak

Di tengah pandemi Covid-19, partisipasi pemilih pada Pilkada Tangerang Selatan (Tangsel) 2020 justru melonjak jika dibandingkan Pilkada Tangsel 2015.

Penulis: Jaisy Rahman Tohir
Editor: Wahyu Aji
Kompas.com/PRIYOMBODO
Ilustrasi pemungutan suara 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com Jaisy Rahman Tohir

TRIBUNJAKARTA.COM, SERPONG - Di tengah pandemi Covid-19, partisipasi pemilih pada Pilkada Tangerang Selatan (Tangsel) 2020 justru melonjak jika dibandingkan Pilkada Tangsel 2015.

Komisioner KPU Tangsel Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat, Ade Wahyu Hidayat, mengatakan, prosentasi partisipasi Pilkada Tangsel kali ini mencapai 60,28%.

"Alhamdulillah ada kenaikan dari 56% ke 60,28%, berdasarkan hasil berjenjang rekap di tingkat kecamatan. Itu setelah kita hitung di angka 60,28%," ujar Ade di Grand Zuri, Serpong, Rabu (16/12/2020).

Sedangkan, pada Pilkada Tangsel 2015, menurut Ade, prosentase partisipasi pemilihnya hanya 56% dari jumlah total pemilih.

Angka tersebut menandakan lonjakan lebih dari 4% jika dibandingkan dengan partisipasi Pilkada Tangsel 2020 ini.

"Tapi kalau dengan Pilkada 2015 yang hanya 56% artinya kan ada kenaikan 4%," ujarnya.

Ade mensyukuri bertambahnya partisipasi pemilih tersebut.

Pasalnya, pesta demokrasi kali ini digelar di tengah suasana yang sulit, yakni masih merebaknya wabah Covid-19 dan cuaca yang turun hujan saat pemungutan suara.

"Artinya di tengah pandemi ini masyarakat masih antusias untuk hadir ke TPS. Selain pandemi, mejurut saya terkait cuaca ya. Karena pada saat pemungutan suara hujan ya. Itu kan menjadi kendala juga," ujarnya.

Usai pemungutan suara, tahapan Pilkada Tangsel masih berlanjut. Saat ini sedang berlangung rapat pleno rekapitulasi dan penetapan hasil di tingkat kota.

Sebagai informasi, jumlah daftar pemilih tetap (DPT) Pilkada Tangsel 2020 adalah sebanyak 976.019 pemilih.

Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved