Breaking News:

Kaleidoskop Jabodetabek 2020

Kaleidoskop 2020, Alun-Alun Kota Depok yang Beroperasi Selama 2 Bulan Imbas Pandemi Covid-19

Wali Kota Depok, Mohammad Idris berkata alun-Alun sebagai ruang terbuka hijau adalah sebuah amanat dari Undang-Undang yang harus diwujudkan

TRIBUNJAKARTA.COM/DWI PUTRA KESUMA
Alun-Alun Kota Depok di Jalan Raya GDC, Cilodong, Kota Depok. 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Dwi Putra Kesuma

TRIBUNJAKARTA.COM, PANCORAN MAS – Awal tahun 2020, Pemerintah Kota Depok resmi membuka Alun-Alun Kota di Jalan Raya Grand Depok City (GDC), Cilodong.

Warga pun antusias menyambut pembukaan alun-alun ini. Bahkan, ribuan warga tumpah ruah memadati Alun-Alun hingga ke jalan raya, dan berimbas macet sepanjang ratusan meter.

Guna memecah kemacetan, petugas sampai harus menutup satu jalur yang beralih fungsi menjadi area parkir, dan memberlakukan contra flow di jalur yang satu lagi.

Sekedar informasi, peresmian tersebut sempat tertunda pada malam pergantian tahun 2020, lantaran belum seluruh pekerjaannya rampung.

Wali Kota Depok, Mohammad Idris, yang kembali terpilih di Pilkada 2020, mengatakan, alun-Alun sebagai ruang terbuka hijau adalah sebuah amanat dari Undang-Undang yang harus diwujudkan di setiap Kota.

“Iya Alun-Alun ini kan ruang terbuka hijau, yang memang sebuah amanat Undang-Undang untuk diwujudkan di setiap Kota. Alhamdulillah ini pembangunan sejak 2019 bisa diresmikan pada awal tahun ini,” kata Idris di Alun-Alun Kota Depok, pada Minggu (12/1/2020) silam.

Idris mengatakan, terdapat banyak unsur dan fungsi di Alun-Alun Kota Depok, seperti di antaranya fungsi ekologi dimana alun-Alun menjadi wadah interaksi warga dari beragam usia.

Selanjutnya, fungsi ekonomi pun disiapkan oleh Idris dimana terdapat kios-kios UMKM di atas lahan seribu meter.

Instrumen di Alun-Alun Kota Depok mulai rusak meski baru diresmikan satu hari.
Instrumen di Alun-Alun Kota Depok mulai rusak meski baru diresmikan satu hari. (TRIBUNJAKARTA.COM/DWI PUTRA KESUMA)

“Fungsi edukasi kami siapkan working space, untuk wadah berdiskusi. Ada juga fasilitas untuk komunitas seperti lapangan basket, futsal, wall climbing (panjat dinding),” bebernya.

Halaman
1234
Penulis: Dwi Putra Kesuma
Editor: Erik Sinaga
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved