Breaking News:

Antisipasi Virus Corona di DKI

Rapid Test Antigen Terhadap Sopir Bus Mulai Diterapkan di Terminal Tanjung Priok

Kepala Terminal Bus Tanjung Priok Mulya menjelaskan, pelaksanaan rapid test antigen atau tes rapid antigen di terminal tersebut mulai diterapkan per h

TribunJakarta/Gerald Leonardo Agustino
Pelaksanaan rapid test antigen di Terminal Bus Tanjung Priok, Jakarta Utara, Senin (21/12/2020). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Gerald Leonardo Agustino

TRIBUNJAKARTA.COM, TANJUNG PRIOK - Pelaksanaan rapid test antigen kepada para sopir bus antar kota antar provinsi (AKAP) mulai diberlakukan di Terminal Bus Tanjung Priok, Jakarta Utara, Senin (21/12/2020).

Hal ini sebagai salah satu persyaratan utama bagi para sopir bus AKAP untuk bisa mengantar penumpang mereka dalam momen Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2021.

Kepala Terminal Bus Tanjung Priok Mulya menjelaskan, pelaksanaan rapid test antigen atau tes rapid antigen di terminal tersebut mulai diterapkan per hari ini.

"Jadi hasil keputusan setelah rapat dengan pimpinan, awak kendaraan harus wajib mempunyai surat hasil rapid test antigen," kata Mulya di Terminal Bus Tanjung Priok, Senin siang.

Terminal Bus Tanjung Priok sendiri bekerjasama dengan Rumah Sakit Sukmul yang mengerahkan petugas kesehatan serta alat rapid test antigen.

Para sopir bus AKAP yang hendak berangkat harus menuju ke pojok pemeriksaan kesehatan yang sudah ditempatkan di dekat loket Terminal Bus Tanjung Priok.

Di sana, petugas kesehatan akan mendata identitas para sopir sebelum menjalankan rapid test antigen.

Dalam sehari selama momen Nataru ini, alat rapid test antigen yang disediakan menyesuaikan jumlah awak bus AKAP yang beroperasi di terminal tersebut, yakni lebih kurang 300 alat.

"Kami tegaskan bahwa awak kendaraan wajib mempunyai surat keterangan rapid test antigen dan penumpang harus minimal rapid test antibodi," ucap Mulya.

"Jadi di pintu masuk anggota kami mengecek, jika kendaraan masuk dan sopir dan kondekturnya tidak memiliki surat rapid test antigen, kami akan keluarkan, tidak boleh masuk terminal," tegas Mulya.

Baca juga: Walikota Depok Resmikan Mesin Anjungan Dukcapil di Depon Town Square: No Calo No Pungli

Baca juga: Mal dan Restoran di Bekasi Tutup Pukul 7 Malam Saat Libur Natal dan Tahun Baru

Baca juga: Kebakaran Hebat Asrama Mako Brimob Kelapa Dua Depo Diduga Akibat Arus Pendek Listrik

Adapun kewajiban rapid test antigen dikeluarkan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk warga yang hendak bepergian ke luar kota.

Langkah ini diambil sebagai upaya antisipasi penyebaran Covid-19 dan berlaku hingga 8 Januari 2021, bertepatan dengan libur Natal dan tahun baru 2021.

Kebijakan itu berlaku di semua angkutan umum, baik angkutan darat, laut, dan udara.

Penulis: Gerald Leonardo Agustino
Editor: Erik Sinaga
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved