Breaking News:

Penjelasan BPOM Soal Kemungkinan Vaksin Covid-19 Diberikan ke Lansia

Meski sebelumnya sempat beredar info bahwa vaksin Covid-19 hanya diprioritaskan untuk kelompok umur 18-59 tahun.

Editor: Elga H Putra
TribunJakarta.com/Ega Alfreda
JAS Airport Service (JAS) tingkatkan fasilitas untuk penanganan produk Farmasi di Bandara Soekarno-Hatta untuk menghadapi tantangan 'Cold Chain' dari distribusi Vaksin Covid-19 dan produk farmasi lainnya, Selasa (8/12/2020). 

TRIBUNJAKARTA.COM - Kelompok lansia adalah salah satu yang dikelompokan untuk menjadi penerima vaksin Covid-19.

Setelah hadirnya vaksin Covid-19, pemerintah kini mengelompokkan kriteria penerima vaksin Covid-19, satu diantaranya adalah para lansia.

Meski sebelumnya sempat beredar info bahwa vaksin Covid-19 hanya diprioritaskan untuk kelompok umur 18-59 tahun.

Hal ini dijelaskan Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Penny K.Lukito dalam konferensi pers virtual, Rabu (30/12/2020).

Ia menuturkan, saat ini produsen vaksin Covid-19 Sinovac juga tengah melakukan uji klinik untuk kelompok umur di atas 59 tahun.

"Sebetulnya juga vaksin Covid-19 Sinovac juga sekarang sedang melakukan (uji klinik) fase 2 untuk lansia. Jadi kita menunggu data tersebut yang sedang dilakukan," ujar Penny.

Penny melanjutkan, uji klinik dilakukan di Brazil dan China. Sehingga pihaknya masih menunggu hasil uji klinik tersebut.

Apabila hasil keamanan dan kemanjuran terbukti, maka tentu vaksin Covid-19 Sinovac juga aman disuntikan pada kelompok rentan itu.

"Nanti kalau datanya sudah ada, bisa kita lakukan bridging analisis."

"Kalau dalam riset singkat sudah menunjukkan data yang aman dan keamanannya nanti akan keluar sesuatu yang khusus untuk lansia. Jadi ini masalah data dari hasil uji klinik saja, kalau sudah ada (bisa)," ujarnya.

Catatan Redaksi:

Bersama kita lawan virus corona. Tribunsolo.com mengajak seluruh pembaca untuk selalu menerapkan protokol kesehatan dalam setiap kegiatan. ingat pesan ibu 3M (Memakai masker, rajin Mencuci tangan, dan selalu Menjaga jarak).

Baca juga: Janji Risma kepada Warga Kolong Tol Penjaringan: Hidup Layak seperti di Surabaya

Baca juga: Ketika Para Pengurus RPTRA se-Jakarta Barat Donor Darah di Kantor Kelurahan

Baca juga: Ditetapkan Jadi Ormas Terlarang, Ini Komentar FPI Kabupaten Tangerang

Artikel ini telah tayang di Tribunsolo.com dengan judul Vaksin Covid-19 Bisa Diberikan untuk Lansia, Ini Penjelasan BPOM,

Sumber: Tribun Solo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved