Breaking News:

PA 212 Soroti Beda Nasib Raffi & Rizieq Shihab, Refly Harun: Jangan Mudah Menerapkan Pasal Pidana

Refly Harun menjelaskan, kasus pertamburan dan Raffi Ahmad tidak bisa disamakan.

Kompas.com
Refly Harun buka suara soal PA 212 soroti beda nasib Raffi Ahmad dan Rizieq Shihab. 

TRIBUNJAKARTA.COM - Pakar hukum tata negara Refly Harun buka suara mengenai kritikan PA 212 pada kepolisian yang tak menetapkan status tersangka kepada pesohor Raffi Ahmad dan Komisaris Utama PT Pertamina (Persero) Basuki Tjahja purnama alias Ahok setelah menggelar pesta beberapa waktu lalu.

Wakil Sekretaris Jendral PA 212, Novel Bamukmin membandingkan dengan kasus Imam Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab yang ditetapkan sebagai tersangka oleh kepolisian imbas kasus kerumunan di Petamburan Jakarta dan Megamendung, Bogor.

TONTON JUGA:

Novel ketika itu menyatakan, Raffi Ahmad merupakan ikon perlawanan terhadap virus corona seharusnya menjadi contoh bagi masyarakat banyak. Bukan justru menghadiri pesta yang tak memenuhi aspek protokol kesehatan.

Baca juga: Kesaksian Adik soal Pernikahan Celine Evangelista Diambang Cerai, Akui Sang Kakak Galau

Adanya pernyataan ini membuat Refly Harun menanggapinya.

Dilansir dari vlog terbarunya, Refly Harun menjelaskan, kasus pertamburan dan Raffi Ahmad tidak bisa disamakan.

Refly Harun
Refly Harun (Kompas.com)

"Kasus pertamburan lebih banyak orang datang. Tetapi yang dipersoalkan itu karena dikenakan pasal. Seharusnya dengan hukuman sanksi saja sudah tak masalah," ujar Refly Harun.

Lebih lanjut, Refly menyatakan, Rizieq telah menghimbau untuk menaati protokol kesehatan, yang berarti sebenarnya Rizieq bisa digunakan sebagai sosialisasi untuk protokol kesehatan.

Baca juga: Wijin Ungkap Pertemuan Pertama dengan Gisel, Jatuh Hati dengan Eks Gading Marten Karena Hal Ini

"Kalau itu masalah hanya prokes, tetapi kalau masalah politik ya susah. Kalau cuma pelanggaran harusnya ada cara lain untuk menghukum, selain mempenjarakan," imbuh Refly Harun.

(Kiri) Pimpinan Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab saat akan menaiki panggung tempat perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW sekaligus pernikahan anaknya di kawasan Petamburan, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Sabtu (14/11/2020) dan (kanan) pesta yang dihadiri oleh Raffi Ahmad.
(Kiri) Pimpinan Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab saat akan menaiki panggung tempat perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW sekaligus pernikahan anaknya di kawasan Petamburan, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Sabtu (14/11/2020) dan (kanan) pesta yang dihadiri oleh Raffi Ahmad. (Kolase TribunWow)

Sisi lain, Refly mempertanyakan mengapa Raffi Ahmad tak lebih dahulu dipanggil sebagai saksi untuk klarifikasi.

Halaman
12
Penulis: Kurniawati Hasjanah
Editor: Siti Nawiroh
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved