Breaking News:

Sembahyang Imlek di Vihara Amurva Bhumi, Warga Saling Ingatkan Protokol Kesehatan

Perayaan Tahun Baru Imlek 2572 di Vihara Amurva Bhumi, Jakarta Timur berjalan dengan protokol kesehatan ketat

TribunJakarta/Bima Putra
Warga etnis Tionghoa yang datang beribadah ke Vihara Amurva Bhumi di Jatinegara, Jakarta Timur, Jumat (12/2/2021). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Bima Putra

TRIBUNJAKARTA.COM, JATINEGARA - Pandemi Covid-19 membuat perayaan Tahun Baru Imlek 2572 di Vihara Amurva Bhumi, Jakarta Timur berjalan dengan protokol kesehatan ketat.

Selain meniadakan sembahyang malam Imlek pada Kamis (11/2/2021) guna mencegah kerumunan warga etnis Tionghoa yang datang ke Vihara Amurva Bhumi.

Andreas (75), satu warga etnis Tionghoa yang datang beribadah ke Vihara Amurva Bhumi mengatakan mereka saling mengimbau terkait protokol kesehatan.

"Kita saling mengingatkan agar setelah sembahyang pulang, tidak berkumpul di Vihara seperti tahun-tahun sebelumnya. Karena situasinya kan masih pandemi," kata Andreas di Jakarta Timur, Jumat (12/2/2021).

Hal itu dilakukan karena Vihara Amurva Bhumi yang berada berada di Jalan Pasar Lama, Kelurahan Bali Mester, Kecamatan Jatinegara bukan termasuk Vihara besar.

Warga etnis Tionghoa yang datang beribadah ke Vihara Amurva Bhumi, Andreas (75) saat memberi keterangan di Jatinegara, Jakarta Timur, Jumat (12/2/2021)
Warga etnis Tionghoa yang datang beribadah ke Vihara Amurva Bhumi, Andreas (75) saat memberi keterangan di Jatinegara, Jakarta Timur, Jumat (12/2/2021) (TribunJakarta/Bima Putra)

Dikhawatirkan bila setelah sembahyang tak langsung pulang maka terjadi kerumuman antara warga lain yang baru datang dan hendak beribadah.

"Dari pengurus (Vihara Amurva Bhumi) sendiri kan membatasi umat yang datang, maksimal 50 persen kapasitas. Diimbau juga agar datang bergiliran, jangan semuanya sekaligus," ujarnya.

Sejumlah personel TNI-Polri pun berjaga di sekitar lokasi memastikan warga etnis Tionghoa bisa beribadah dengan nyaman dan tetap mematuhi protokol kesehatan.

Baca juga: Libur Imlek, Pengunjung Saksikan Pertunjukan Liong Bawah Air di Jakarta Aquarium & Safari

Baca juga: Kisah Asmara Dul Jaelani dan Tissa Biani Diterawang, Denny Darko: Beda Jauh dengan Kisah Orangtuanya

Baca juga: Sepinya Imlek 2021, Ewaldo Rayakan Seorang Diri: Tak Bisa Pulang Kampung, Ini yang Dirindukan

Meski berlangsung sederhana, Andreas menuturkan penerapan protokol kesehatan tak mengurangi khidmat sembahyang perayaan Tahun Baru Imlek 2572.

"Di hari-hari lain kan kita tetap ibadah. Hanya pada hari Imlek momen kita lebih mengucapkan syukur di saat mungkin usahanya maju mengucapkan terima kasih. Kepada yang belum mengharapkan berkah di tahun ini," tutur Andreas.

Penulis: Bima Putra
Editor: Erik Sinaga
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved