Breaking News:

Kunjungan Komisi III DPR RI ke Kanwilkumham DKI Diwarnai Aksi Demo Pengelolaan Rutan dan Lapas

Kunjungan kerja Komisi III DPR RI ke Kanwil Kementerian Hukum dan HAM (Kanwilkumham) DKI Jakarta diwarnai aksi unjuk rasa

TribunJakarta/Bima Putra
Massa dari Gerakan Corong Pemuda saat berunjuk rasa depan Kanwilkumham DKI Jakarta, Senin (15/2/2021). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Bima Putra

TRIBUNJAKARTA.COM, KRAMAT JATI - Kunjungan kerja Komisi III DPR RI ke Kanwil Kementerian Hukum dan HAM (Kanwilkumham) DKI Jakarta pada Senin (15/2) diwarnai aksi demo.

Saat komisi DPR RI yang membidangi hukum, HAM, dan keamanan itu datang massa dari Gerakan Corong Pemuda berdemo depan Kanwilkumham DKI.

Koordinator aksi, Ibrahim mengatakan aksi mereka guna menuntut anggota Komisi III DPR RI mencopot Kepala Kanwilkumham DKI Jakarta Liberty Sitinjak.

"Kami mendesak anggota Komisi III DPR RI mencopot Liberty Sitinjak yang tidak becus memberantas peredaran narkoba dan pelanggaran lain di Rutan dan Lapas di wilayah DKI," kata Ibrahim di Kramat Jati, Jakarta Timur, Senin (15/2/2021).

Dalam tuntutannya massa Gerakan Corong Pemuda menyoroti sejumlah kasus dugaan pelanggaran yang terjadi di Rutan dan Lapas wilayah DKI Jakarta.

Di antaranya kasus dugaan penyewaan AC di sel napi Rutan Cipinang dan dugaan pungli di Rutan Salemba terhadap satu napi KPK pada akhir tahun 2020 lalu.

"Dan yang paling fenomenal kasus napi Rutan Salemba yang memproduksi ekstasi di kamar VIP satu RS di Jakarta. Ini menunjukkan pengelolaan Rutan dan Lapas di wilayah DKI bobrok," ujarnya.

Ibrahim menuturkan penanganan rentetan kasus pelanggaran tersebut sejauh ini hanya menjerat pegawai Kanwilkumham DKI Jakarta di level bawah.

Sementara pejabat tinggi Kanwilkumham DKI Jakarta luput jadi tersangka, menurutnya penanganan kasus menimbulkan tanda tanya.

"Harusnya sebagai pimpinan Liberty Sitinjak mundur dari jabatannya karena gagal. Kami minta Komisi III DPR RI mencopot Liberty dari jabatannya, ganti dengan orang yang lebih kompeten," tuturnya.

Baca juga: Penampakan Daging Steak yang Dilapisi Emas 24 Karat Seharga Rp 25 Juta di Mardin Baklava Kemang

Baca juga: 909 Wisatawan Kunjungi Kepulauan Seribu saat Libur Imlek

Baca juga: Mayat Ibu Ditumbalkan, Pria Ini Bukan Dapat Berlian Malah Masuk Bui: Ada yang Narik Ibu Saya

Dalam aksi demo ini massa membawa sejumlah poster, di antaranya bertuliskan "Peredaran narkoba di Rutan dan Lapas semakin marak dan banyak dikendalikan di Lapas".

Mereka berdemo di samping banner penyambutan anggota Komisi III DPR RI bertuliskan "Selamat datang tim kunjungan kerja reses Komisi III DPR RI" Senin 15 Februari 2021.

Penulis: Bima Putra
Editor: Erik Sinaga
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved