Breaking News:

Lelah Digerus Banjir Kiriman, Tanggul Kali Bekasi di Perumahan PGP Jebol: Membahayakan Warga Sekitar

Tanggul Kali Bekasi di Perumahan Pondok Gede Permai (PGP) Jatiasih setinggi empat meter itu akhirnya jebol, beton penahan air tak kuasa digerus banjir

TRIBUNJAKARTA.COM/YUSUF BACHTIAR
Tanggul Kali Bekasi di Perumahan PGP Jatiasih, Kota Bekasi jebol, Senin (15/2/2021). Tanggul Kali Bekasi di Perumahan Pondok Gede Permai (PGP) Jatiasih setinggi empat meter itu akhirnya jebol, beton penahan air tak kuasa digerus banjir 

Laporan wartawan TribunJakarta.com, Yusuf Bachtiar

TRIBUNJAKARTA.COM, JATIASIH - Tanggul Kali Bekasi di Perumahan Pondok Gede Permai (PGP) Jatiasih setinggi empat meter itu akhirnya jebol, beton penahan air yang dibangun sejak 2010 tak kuasa digerus banjir kiriman tiap musim penghujan melanda.

Tarto sudah mendengar suara retakan sejak Minggu (14/2/2021) malam, sekira pukul 21.00 WIB.

Jarak rumahnya dengan titik kerusakan hanya kurang lebih 10 meter.

Pria yang juga menjabat sebagai bendahara RW10, Kelurahan Jatirasa, Kecamatan Jatiasih, Kota Bekasi ini cuek, mengira suara yang ia dengar sebatas hewan liar yang naik teras rumah.

"Saya denger suara retakan gitu, tapi kita nggak nyangka kalau itu tanggul. Biasanya kan kita suka ada musang di teras atau apa gitu kan," kata Tarto, Selasa (16/2/2021).

Tanda-tanda kerusakan tanggul sejatinya sudah berlangsung lama, riwayat keretakan sudah ada sejak 2016 silam.

Saat itu, banjir hebat melanda Kali Bekasi.

Baca juga: Pesta Ultah Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi di Puncak Ganggu Kenyamanan Warga: Digerebek Satpol PP

Warga setempat kata dia, sudah melakukan berbagai upaya untuk menahan dinding beton tanggul Kali Bekasi agar tetap tegak berdiri.

Swadaya masyarakat pernah dilakukan, warga yang tinggal di Perumahan PGP gotong royong membuat penahan pondasi dengan pasir, batu agar kuat menahan gerusan air.

Halaman
1234
Penulis: Yusuf Bachtiar
Editor: Wahyu Septiana
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved