Breaking News:

Gubernur DKI Ingatkan Intensitas Curah Hujan di Jakarta Masih Tinggi, Anies Baswedan: Mari Bersiap

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengingatkan jajarannya bahwa intensitas curah hujan di wilayah ibu kota masih tinggi

KOMPAS.com/WAHYU ADITYO PRODJO
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan meninjau aliran Kali Krukut di Jalan Kemang Raya, Pela Mampang, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan pada Minggu (21/2/2021) sore. 

TRIBUNJAKARTA.COM, JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengingatkan jajarannya bahwa intensitas curah hujan di wilayah ibu kota masih tinggi.

Hal tersebut berdasarkan peringatan dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

"Harap perhatikan peringatan dari BMKG. Ada potensi penguatan intensitas hujan mulai besok, tanggal 23 Feb malam hingga 25 Feb pagi. Mari bersiap. Ingat target kita yang terutama: keselamatan warga, jangan sampai ada korban jiwa. Jaga anak-anak dan lansia," kata Anies Baswedan mengawali pesannya.

Orang nomor satu di DKI Jakarta itu menuturkan, apabila terjadi hujan ekstrem yang menimbulkan genangan, ia menginstruksikan jajarannya agar dapat mengatasi hal tersebut dalam waktu 6 jam.

Dirinya juga menekankan agar pada saat itu warga DKI Jakarta harus seminim mungkin mengalami gangguan.

"Cukupkan istirahat malam ini, dan besok kita bersiap dan persiapkan warga. Koordinasikan sejak sekarang agar peralatan dan pasukan bisa bekerja bergantian secara optimal dan efektif," tuturnya.

Baca juga: Tanggul Sungai Citarum Jebol, 20.630 Keluarga di Kabupaten Bekasi Terdampak Banjir

Baca juga: Antisipasi Banjir Susulan, Tenda Posko Pengungsian di Cipinang Melayu Masih Disiagakan

Baca juga: Kesal Dibully, Edhy Prabowo: Saya Tidak Sedikitpun Mencuri Uang Negara

Bila terjadi situasi darurat, kata Anies Baswedan maka semua turun saling membantu walau berada di luar lingkupnya dan di luar wilayahnya.

"Kita berhenti hanya bila seluruh wilayah sudah aman, bukan hanya yang di bawah tupoksi kita saja," tegasnya.

Anies Baswedan pun mengajak jajarannya berdoa pada Allah SWT agar tidak terjadi curah hujan ekstrem Jakarta dan di hulu sungai-sungai yang masuk ke Jakarta.

"Semoga kita dilindungi dari kemungkinan banjir, tapi bila Allah takdirkan lain maka kita siap berikhtiar tuntaskan masalah dan lindungi warga," tandasnya.

Editor: Muhammad Zulfikar
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved