Breaking News:

Antisipasi Virus Corona di DKI

Ratusan Nakes RSUD Kota Bekasi Dikerahkan Agar Donor Plasma Konvalesen

Ratusan tenaga kesehatan dari RSUD Chasbullah Abdulmadjid Kota Bekasi dikerahkan agar donor plasma konvalesen

TribunJakarta/Yusuf Bachtiar
Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi saat memantau kegiatan donor plasma konvalesen di PMI Kota Bekasi yang dilakukan nakes RSUD Chasbullah Abdulmadjid, Senin (1/3/2021). 

Laporan wartawan TribunJakarta.com, Yusuf Bachtiar

TRIBUNJAKARTA.COM, BEKASI SELATAN - Ratusan tenaga kesehatan (nakes) dari Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Chasbullah Abdulmadjid Kota Bekasi dikerahkan agar donor plasma konvalesen, Senin (1/3/2021).

Donor plasma konvalesen merupakan motode terapi pasien Covid-19, Palang Merah Indonesia (PMI) Kot Bekasi sejak sebulan lalu mulai melayani permintaan donor tersebut.

Ketua PMI Kota Bekasi Ade Puspitasari mengatakan, kerja sama pihaknya dengan RSUD Kota Bekasi semata untuk meningkatkan produksi plasma untuk pasien Covid-19.

"Kita sangat mengapresiasi, menurut data sejauh ini baru 20 orang yang berhasil melakukan donor plasma, walaupun yang daftar sudah banyak tapi hasil screening pasti tidak semua bisa," kata Ade.

Kegiatan pengerahan ratusan nakes RSUD Kota Bekasi melakukan donor plasma di PMI disaksikan langsung Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi.

Pria yang akrab disapa Pepen ini mengatakan, pengerahan massa nakes melakukan donor plasma konvalesen sangat penting.

"Nakesnya hari ini dari RSUD, belum lagi nanti kita ada dari Dinkes (Dinas Kesehatan), tidak perlu diajak karena kesadaran mau tidak menyumbangkan darahnya yang saaat ini sangat dibutuhkan," kata Pepen.

Sementara itu, Direktur RSUD Chasbullah Abdulmadjid Kusnanto mengatakan, ada sebanyak 306 nakes yang pernah terpapar Covid-19 selama penanganan pandemi.

Baca juga: Polda Metro Jaya Gelar Perkara Terkait Dugaan Penyalahgunaan Narkoba

Baca juga: Polisi Ungkap Dugaan Kasus Penculikan Anak Bermodus Iming-iming Ikan Cupang di Bekasi

Baca juga: Kuasa Hukum Rizieq Shihab Minta Sidang Praperadilan Tetap Digelar Tanpa Kehadiran Polda Metro

Dari jumlah tersebut, sudah dinyatakan sembuh sebanyak 295 orang. Mereka nantinya akan dikerahkan ke PMI Kota Bekasi agar bisa mengikuti donor plasma konvalesen.

"Dari 295 orang itu nanti akan di skrining karena ada beberapa syarat yang memang wajib bisa diikuti dalam donor darah plasma konvalesen," tegasnya. 

Penulis: Yusuf Bachtiar
Editor: Erik Sinaga
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved