Breaking News:

Pertumbuhan Penduduk di Kecamatan Cipayung Tertinggi se-Jakarta Timur, Hal Ini Pemicunya

Badan Pusat Statistik (BPS) DKI mencatat Kecamatan Cipayung jadi wilayah dengan laju pertumbuhan penduduk tertinggi se-Jakarta Timur

TribunJakarta.com/Nur Indah Farrah Audina
Camat Cipayung Fajar Eko Satrio. Pertumbuhan Penduduk di Kecamatan Cipayung Tertinggi se-Jakarta Timur, Hal Ini Pemicunya 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Bima Putra

TRIBUNJAKARTA.COM, CIPAYUNG - Badan Pusat Statistik (BPS) DKI mencatat Kecamatan Cipayung jadi wilayah dengan laju pertumbuhan penduduk tertinggi se-Jakarta Timur.

Dari 10 Kecamatan di Jakarta Timur laju pertumbuhan penduduk sepanjang tahun 2010-2020 di Kecamatan Cipayung tercatat paling tinggi, yakni 2,18 persen.

Sementara laju pertumbuhan penduduk di Kecamatan Cakung yang merupakan Kecamatan paling padat penduduk se-Jakarta Timur tercatat hanya 1,01 persen.

Camat Cipayung Fajar Eko Satrio menduga pesatnya pertambahan laju penduduk di wilayahnya imbas dari banyaknya kawasan permukiman baru yang dibangun.

"Saya belum menganalisa lebih dalam (penyebab laju pertumbuhan penduduk tinggi). Tapi kemungkinan karena banyak kawasan permukiman baru," kata Fajar saat dikonfirmasi di Jakarta Timur, Selasa (2/3/2021).

Baca juga: Benarkah Berkeringat Saat Olahraga Tanda Tubuh Membakar Lemak? Simak Penjelasan Praktisi Kesehatan

Baca juga: Polisi Periksa Tujuh Saksi Terkait Kasus Dugaan Asusila Oknum Lurah di Bekasi

Dugaannya berdasar karena dalam beberapa tahun terakhir sejumlah pengembang perumahan membangun unit mereka di Kecamatan Cipayung.

Pun bila mengacu data BPS tahun 2019 tingkat kelahiran di Kecamatan Cipayung tinggi, yakni 4.035 jiwa atau di posisi lima dari 10 Kecamatan di Jakarta Timur.

"Beberapa tahun terakhir lumayan banyak pengembang berminat membangun. Lokasinya merata di setiap Kelurahan, di Kelurahan Cipayung, Kelurahan Pondok Ranggon, Kelurahan Cilangkap ada," ujarnya.

Bila mengacu data BPS DKI Jakarta tahun 2020, jumlah penduduk di Kecamatan Cipayung berada di urutan nomor enam dari 10 Kecamatan di Jakarta Timur.

Nomor satu Kecamatan Cakung dengan jumlah penduduk 559.040, dua Kecamatan Duren Sawit dengan jumlah penduduk 414.604, tiga Kecamatan Jatinegara dengan jumlah penduduk 301.717 jiwa.

Empat Kecamatan Ciracas dengan jumlah penduduk sebanyak 293.316 jiwa, lima Kecamatan Cipayung dengan jumlah penduduk sebanyak 285.650 jiwa.

Penulis: Bima Putra
Editor: Muhammad Zulfikar
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved