Polres Jakut Cek Anggota yang Bawa Senjata Api saat Bertugas Antisipasi Penyalahgunaan

Polres Metro Jakarta Utara melakukan pengecekan terhadap para anggota yang membawa senjata api saat bertugas di lapangan.

Dok. Polres Metro Jakarta Utara
Polres Metro Jakarta Utara mengecekpara anggota yang membawa senjata api saat bertugas di lapangan 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Gerald Leonardo Agustino

TRIBUNJAKARTA.COM, KOJA - Polres Metro Jakarta Utara melakukan pengecekan terhadap para anggota yang membawa senjata api saat bertugas di lapangan.

Kegiatan ini dilakukan sebagai langkah antisipasi penyalahgunaan senjata api oleh anggota polisi.

Wakapolres Metro Jakarta Utara AKBP Nasriadi mengatakan, pengecekan ini merupakan kegiatan rutin di jajaran Polres Metro Jakarta Utara.

1.148 anggota yang bertugas di tingkat polres maupun polsek jajaran menjalani pendataan dan pengecekan kelayakan diri untuk menggunakan senjata api saat bertugas.

Baca juga: Mural di Flyover Gaplek Tangsel Habiskan 1.200 Liter Cat, Seniman Minta Jangan Dicorat-coret

"Kami telah melakukan apel akbar baik tingkat polres maupun polsek, terhadap 1.148 anggota dan kami telah mendata seluruh anggota yang menggunakan senjata api dinas," kata Nasriadi di Mapolres Metro Jakarta Utara, Selasa (9/3/2021).

Dalam prosesnya, aparat dari Seksi Propam Polres Metro Jakarta Utara memanggil satu per satu anggota yang dibekali senjata api ketika bertugas di lapangan.

Baca juga: Penculik Direktur Perusahaan Bawa Senapan Angin dan Air Softgun, Korban Dijaga 2 Orang Saat Disekap

Petugas melakukan pengecekan terhadap beberapa hal, seperti kartu kepemilikan senjata api, kondisi senjata, hingga psikologi masing-masing anggota.

"Kami mengecek juga kartu-kartu senjata mereka, dan ada beberapa, terutama rekan-rekan di lapangan yang kartu (izin penggunaan) senjatanya hampir habis, itu senjatanya dititipkan dulu sampai dengan pengurusan perpanjangan kartu senjata lingkup polsek maupun lingkup polres," papar Nasriadi.

Baca juga: Main Korek Api di Kamar, Balita di Pekanbaru Buat Ibu Histeris Cari Bantuan Warga: Tolong Anak Saya!

Mereka yang menjalani pemeriksaan misalnya berasal dari Satuan Reserse Kriminal, Satuan Reserse Narkoba, Satuan Intelijen, hingga Samapta Bhayangkara dan jajarannya.

Nasriadi menambahkan, pengecekan ini dilakukan agar para anggota yang bertugas di lapangan dapat menggunakan senjata api mereka dengan sesuai ketentuan.

Baca juga: Wagub DKI: Program Normalisasi Sungai Teradang Mafia Tanah

"Tujuannya adalah agar tertib administrasi, sehingga ketika mereka menggunakan senjata api tersebut untuk tindakan pencegahan atau tindakan yang tegas terukur, itu sah menurut undang-undang dan ketertiban menurut ketentuan Polri," ucap Nasriadi.

Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved