Breaking News:

Jakarta Dikepung Banjir

Warga Korban Banjir Cipinang Melayu Terima Hasil Restorasi Dokumen Kependudukan

Pemkot Jakarta Timur menyerahkan dokumen kependudukan kepada warga RW 04 Kelurahan Cipinang Melayu korban banjir luapan Kali Sunter.

Penulis: Bima Putra | Editor: Wahyu Aji
ISTIMEWA
Penyerahan dokumen kependudukan secara simbolis kepada warga RW 04 Kelurahan Cipinang Melayu korban banjir luapan Kali Sunter, Minggu (7/3/2021). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Bima Putra

TRIBUNJAKARTA.COM, MAKASAR - Pemkot Jakarta Timur menyerahkan dokumen kependudukan kepada warga RW 04 Kelurahan Cipinang Melayu korban banjir luapan Kali Sunter.

Ketua RW 04, Irwan Kurniadi mengatakan dokumen yang diserahkan merupakan hasil restorasi atau perbaikan dari Sudin Dukcapil Jakarta Timur.

"Perbaikan KK (kartu keluarga), KTP dan akte kelahiran yang rusak akibat banjir. Total 51 warga yang mendapat perbaikan dokumen," kata Irwan saat dikonfirmasi di Jakarta Timur, Selasa (9/3/2021).

Banjir dimaksud yakni pada tanggal 19-20 Februari 2021 lalu saat tinggi air luapan Kali Sunter yang merendam permukiman warga RW 04 berkisar 3 meter.

Tingginya air mengakibatkan warga tidak sempat menyelamatkan seluruh barang-barangnya, termasuk dokumen kependudukan mereka.

"Sebelumnya warga sudah melapor ke Sudin Dukcapil Jakarta Timur. Minggu tanggal 7 kemarin hasil perbaikan keluar, semua dokumen sudah diserahkan ke warga," ujarnya.

Irwan menuturkan warganya berharap proyek normalisasi Kali Sunter yang pembebasan lahannya baru dilanjutkan pada akhir tahun 2020 segera berjalan.

Baca juga: Fotonya Peluk Anies Waktu Banjir Kampanye 2017 Viral, Rumiati Warga Cipinang Melayu Kini Trauma

Hal ini guna menyelesaikan masalah banjir luapan Kali Sunter setelah upaya mengurangi debit air dengan pembuatan sodetan ke waduk di Kecamatan Cipayung.

Menurutnya upaya pembuatan sodetan yang dilakukan Pemprov DKI tak sepenuhnya gagal mencegah banjir, namun normalisasi tetap perlu dilakukan.

Baca juga: Unggahan Before After Banjir di Cipinang Melayu hingga Reaksi Anies Wujudkan 25 Tahun Impian Warga

"Bukan berarti dengan itu (pembuatan sodetan) selesai, tidak. Tetap, normalisasi Kali Sunter harus dilaksanakan tahun ini juga. Saya sudah minta ke pak Gubernur agar normalisasi Kali Sunter berjalan," tuturnya.

Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved