Breaking News:

Pengemudi Porsche Ugal-ugalan saat Dikawal Dishub, Langsung Ditindak Polisi: Itu Membahayakan

Jajaran Satuan Patroli Jalan Raya (PJR) Ditlantas Polda Metro Jaya menindak iringan mobil Porsche di off ramp Taman Mini Indonesia Indah (TMII),Jaktim

ISTIMEWA
Jajaran Satuan PJR Ditlantas Polda Metro Jaya saat menindak iringan mobil Porsche di off ramp TMII, Jakarta Timur, Jumat (12/3/2021) 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Bima Putra

TRIBUNJAKARTA.COM, CIPAYUNG - Jajaran Satuan Patroli Jalan Raya (PJR) Ditlantas Polda Metro Jaya menindak iring-iringan mobil Porsche di off ramp Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur.

Kasat PJR Polda Metro Jaya Kompol Akmal mengatakan penindakan terhadap iringan mobil sport yang hendak menuju Bogor dilakukan pada Jumat (14/3/2021) pagi.

"Etika berlalu lintasnya kurang, sama ngebut ya. Itu kan nyalip di kiri, nyalip di kanan, itu kan berkendara yang membahayakan kendaraan lain," kata Akmal saat dikonfirmasi di Jakarta Timur, Minggu (14/3/2021).

Dari sekitar 20 rombongan mobil yang dikawal Dinas Perhubungan (Dishub) itu, satu di antaranya ditilang karena melaju ugal-ugalan di Jalan Tol Jagorawi.

Meski tak merinci asal jajaran Dishub Pemda mana yang mengawal, dia menuturkan bentuk pengawalan terhadap iringan mobil Porsche tak dibenarkan.

Jajaran Satuan PJR Ditlantas Polda Metro Jaya saat menindak iringan mobil Porsche di off ramp TMII, Jakarta Timur, Jumat (12/3/2021)
Jajaran Satuan PJR Ditlantas Polda Metro Jaya saat menindak iringan mobil Porsche di off ramp TMII, Jakarta Timur, Jumat (12/3/2021) (ISTIMEWA)

Hal ini mengacu pada UU Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Nomor 22 tahun 2009 pengawalan seharusnya dilakukan Polri, dalam hal ini Satuan Patwal.

"Dijelaskan pada Pasal 135 ayat 1 UU Lalu Lintas Nomor 22 tahun 2009, kendaraan yang mendapat hak utama sebagaimana dimaksud dalam pasal 134 harus dikawal oleh petugas Kepolisian Negara Republik Indonesia," ujarnya.

Tak hanya ugal-ugalan, rombongan tersebut Porsche juga melaju dalam dua lajur dari yang seharusnya hanya menggunakan satu lajur jalan.

Baca juga: Dugaan Korupsi Pengadaan Lahan di Pondok Ranggon, Dinas Perumahan DKI Beri Bantahan

Baca juga: Larang Sepeda Motor Melintas, Petugas Dishub Jaga Jalur Sepeda di Jalan Sudirman

Baca juga: Kolaborasi dengan Pihak Swasta, Dinas Perumahan Rakyat DKI Terkendala Memasarkan Rumah DP Nol Rupiah

Akmal mengimbau pengguna jalan mematuhi aturan berlalu lintas ketika berkendara, terlebih saat konvoi sehingga tidak membahayakan pengguna jalan lain.

"Silakan berkendara dengan tetap perhatikan aturan berlalu lintas. Etika berlalu lintas agar semua pengguna jalan merasa aman dan nyaman," tuturnya.

Penulis: Bima Putra
Editor: Wahyu Septiana
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved