Breaking News:

Sidang Rizieq Shihab

Pengadilan Negeri Jakarta Timur Tunjuk Dua Majelis Hakim Adili Perkara Rizieq Shihab

Pengadilan Negeri Jakarta Timur sudah menunujuk Majelis Hakim yang mengadili Rizieq Shihab dan tujuh terdakwa lain dalam kasus dugaan tindak pidana .

Penulis: Bima Putra
Editor: Wahyu Aji
TribunJakarta.com/Bima Putra
Tampak depan Pengadilan Negeri Jakarta Timur tempat sidang kasus surat jalan palsu Djoko Tjandra digelar, Jumat (4/12/2020). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Bima Putra

TRIBUNJAKARTA.COM, CAKUNG - Pengadilan Negeri Jakarta Timur sudah menunujuk Majelis Hakim yang mengadili Rizieq Shihab dan tujuh terdakwa lain dalam kasus dugaan tindak pidana karantina kesehatan.

Dalam sidang yang dimulai pada Selasa (16/3/2021) dengan agenda pembacaan dakwaan dari Jaksa Penuntut Umum (JPU) terhadap para terdakwa.

Kepala Humas Pengadilan Negeri Jakarta Timur Alex Adam Faisal ada dua tim Majelis Hakim yang bakal mengadili tiga perkara dugaan tindak pidana karantina kesehatan dengan enam berkas perkara.

Baca juga: Sidang Dakwaan Rizieq Shihab Digelar Virtual, Pengadilan Negeri Jakarta Timur Akan Diamankan Polisi

"Susunan Majelis Hakim untuk perkara nomor 221 dan nomor 222 dipimpin Suparman Nyompa, M. Djohan Arifin, dan Agam Syarief Baharudin," kata Alex di Jakarta Timur, Senin (15/3/2021).

Ketiganya bakal mengadili perkara dugaan tindak pidana karantina kesehatan kerumunan warga di Petamburan, Jakarta Pusat pada tanggal 13 November 2020.

Perkara nomor 221 merupakan berkas perkara untuk Rizieq Shihab, sementara nomor 222 untuk lima terdakwa lain yang berkasnya digabung dalam satu berkas.

Baca juga: Sidang Perdana Rizieq Shihab di PN Jakarta Timur Digelar Lusa, 3 Dakwaan Dibacakan Sekaligus

Kelima terdakwa yang berkasnya digabung yakni H. Haris Ubaidillah, H. Ahmad Sabri Lubis, Ali Alwi Alatas, Idrus Alias Idrus Al Habsyi, dan Maman Suryadi.

Ketiga Hakim tersebut juga yang mengadili perkara nomor 226 atau kasus kerumunan warga di Pondok Pesantren Alam Agrokultural Megamendung Bogor pada tanggal 13 November 2020 di mana Rizieq jadi terdakwa tunggal.

"Sementara untuk perkara nomor 223, 224, dan 225, susunan Majelis Hakim dipimpin Khadwanto, Mu'arif, dan Suryaman," ujarnya.

Alex menuturkan ketiga Hakim tersebut mengadili perkara hasil tes swab Rizieq di RS UMMI Bogor pada tanggal 27 November 2020 yang diduga ditutupi dari pihak Gugus Tugas Penanganan Covid-19.

Berkas perkara nomor 223 atas nama terdakwa dr. Andi Taat yang merupakan Dirut RS UMMI Bogor, perkara nomor 224 merupakan berkas untuk terdakwa Muhammad Hanif Alatas.

Sementara perkara nomor 225 merupakan berkas untuk Rizieq Shihab, sehingga total berkas yang disidangkan di Pengadilan Negeri Jakarta Timur berjumlah enam.

"Kalau tidak ada halangan dan kendala besok akan kita sidangkan di PN Jakarta Timur," tuturnya.

Sidang tiga perkara kasus tindak pidana karantina kesehatan yang menjerat Rizieq Shihab dan tujuh terdakwa lain digelar di Pengadilan Negeri Jakarta Timur berdasar keputusan Mahkamah Agung.

Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved