Breaking News:

Info Kesehatan

Pentingnya Nutrisi Memadai untuk Efektivitas Vaksin Bagi Lansia, Jangan Diabaikan!

Nutrisi menjadi asupan penting yang harus diperhatikan untuk efektivitas vaksin bagi lansia.

ISTIMEWA
Lansia kategori umum yang mengikuti vaksinasi Covid-19 di Mall Cibubur Junction, Ciracas, Jakarta Timur Rabu (24/3/2021). 

TRIBUNJAKARTA.COM - Nutrisi menjadi asupan penting yang harus diperhatikan untuk efektivitas vaksin bagi lansia.

Lansia diketahui memiliki risiko paling besar dan mengalami kondisi terberat dibandingkan kelas usia lainnya jika terinfeksi COVID-19.
Adapun 48,3% kematian akibat COVID-19 di Indonesia terjadi pada pasien lansia.

Maka dari itu, untuk mencapai herd immunity di Indonesia, vaksinasi pada kelompok prioritas termasuk lansia, perlu dilakukan.

Di Indonesia, program vaksinasi COVID-19 bagi kategori lansia di atas 60 tahun resmi dimulai pemerintah sejak 8 Februari 2021 hingga saat ini, dan bisa dilakukan di berbagai tempat fasilitas kesehatan, baik puskesmas maupun rumah sakit milik pemerintah dan swasta.

Terkait vaksinasi pada lansia, kita juga perlu mewaspadai kemungkinan terjadinya immunosenescence (disfungsi imunitas karena usia) yang menyebabkan respons terhadap vaksin menjadi kurang maksimal.

Baca juga: Mengenal Hermanto dan Henry Wirawan, Duo Bersaudara di Daftar Forbes 30 Under 30 Asia

Selain itu, keberadaan penyakit penyerta atau komorbid juga meningkatkan terjadinya inflamasi kronis.

Untuk itu, dr. Muliaman Mansyur, Head of Medical Kalbe Nutritionals menekankan pentingnya proses skrining riwayat penyakit, kesiapan psikis, kondisi fisik, serta memeriksa apakah mereka memiliki komorbid yang terkontrol agar vaksin dapat bekerja dengan efektif.

"Lansia memerlukan asupan nutrisi seimbang dengan kandungan tinggi protein, vitamin, dan mineral, khususnya Vitamin C, D dan Zinc, untuk menghindari risiko malnutrisi dan sarcopenia atau berkurangnya massa dan kekuatan otot sebagai faktor yang menyebabkan pembentukan imunitas pasca vaksinasi kurang optimal," ujar dr. Muliaman dalam keterangannya pada Selasa (27/4).

Baca juga: Viral Video Diduga Babi Ngepet Ditangkap di Depok, Warga Curiga: Dia Nganggur Tapi Uangnya Banyak

Adapun, Boy Sinaga, Business Unit Coordinator General Adult Nutrition KALBE Nutritionals menegaskan komitmen pihaknya menyediakan nutrisi harian warga lansia agar tetap aktif.

"Kami juga bukan sekadar mengajak lansia untuk vaksinasi, melainkan juga menaruh perhatian khusus dalam memastikan nutrisi harian mereka dapat terpenuhi dengan sebaik-baiknya untuk menjaga daya tahan tubuh. Dengan nutrisi yang baik, kami yakin vaksin dapat bekerja secara optimal pada populasi lansia,” beber Boy Sinaga. (*)

Editor: Kurniawati Hasjanah
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved