Breaking News:

Info Kesehatan

5 Penyakit Akibat Konsumsi Makanan Berlemak, Kamu Patut Hati-hati Bisa Kena Hipertensi

dr Riza Jayanti mengatakan mengkonsumsi terlalu berlebihan makanan yang berlemak tentu tidak baik bagi tubuh.

pexels.com/Max Nikhil Thimmayya
Lemak di perut 

TRIBUNJAKARTA.COM -  Saat merayakan Hari Raya Idul Fitri kerap kali menyajikan dan mengkonsumsi makanan yang identik berlemak seperti rendang daging dan opor ayam.

Praktisi Kesehatan sekaligus Dokter Umum Praktek di Apotek K24 Pangkalpinang, dr Riza Jayanti mengatakan mengkonsumsi terlalu berlebihan makanan yang berlemak tentu tidak baik bagi tubuh.

"Penyakit yang bisa muncul itu ada hiperkholesterolemia dan hiperglikemia, ISPA, hipertensi, diare dan maag. Jadi kadar batas normal kholesterol kita itu ada dibawah 200 mg/dl, kalau diatas itu tentu disebut kolestrol tinggi," kata dr Riza, Kamis (13/5/2021).

Dari kelima jenis penyakit ini, dr Riza menjelaskan secara rinci seperti berikut:

1. Diare
Penyakit yang kerap muncul setelah lebaran adalah diare, kondisi dimana seseorang mengalami buang air besar lebih dari tiga kali dalam sehari dengan konsistensi feses yang lunak atau cair.

Gejala yang terjadi saat diare menyerang adalah demam, mual, muntah, nyeri perut, mulas, dan perut kembung.

Penyebab dari munculnya diare ini biasanya mulai dari konsumsi makanan yang kurang bersih atau makanan yang mengandung kuman.

Baca juga: Banjir Air Mata, Irma Suryatin Ungkap Alasan Terima Sapri Pantun Jadi Suami Meski Kerja Serabutan

Selain itu diare juga bisa disebabkan oleh konsumsi makanan yang mengiritasi lambung seperti, makanan pedas, asam, berminyak, dan juga minum minuman bersoda.

Kalau diare sudah terjadi, pastikan Anda mengganti cairan dan elektrolit yang keluar dengan segera. Bisa mengatasinya dengan minum cairan oralit atau sekedar air putih.

Untuk sementara waktu, hindari makanan dan minuman yang dapat memicu diare, serta minum obat diare. Kalau diare tak kunjung mereda, segera periksakan diri kamu ke dokter.

Halaman
123
Sumber: Bangka Pos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved