Breaking News:

Gadis SMP Korban Pelecehan

LPSK : Pernikahan Pelaku dengan Korban Persetubuhan Anak Bakal Berdampak Buruk

Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) ikut menyoroti kasus persetubuhan yang dilakukan anak anggota DPRD Kota Bekasi Amri Tanjung

Penulis: Yusuf Bachtiar | Editor: Erik Sinaga
TribunJakarta/Yusuf
Pengakuan Anak Anggota DPRD Kota Bekasi tersangka kasus pencabulan gadis 15 tahun berinisial PU. 

Laporan wartawan TribunJakarta.com, Yusuf Bachtiar

TRIBUNJAKARTA.COM, BEKASI SELATAN - Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) ikut menyoroti kasus persetubuhan yang dilakukan anak anggota DPRD Kota Bekasi Amri Tanjung alias AT (21).

Tersangka AT belakangan berniat menikahi korban berinisial PU (15), hal inj disampaikan kuasa hukum tersangka Bambang Sunaryo beberapa waktu lalu.

Rencana niat menikahkan korban pemerkosaan dengan pelaku ini rupanya mendapat beragam kecaman, LPSK sendiri menilai, jika itu terjadi malah akan berdampak buruk.

"Pernikahan bukan solusi karena adanya relasi kuasa dalam pernikahan akan berdampak buruk kepada korban", kata Wakil Ketua LPSK, Edwin Partogi Pasaribu, Sabtu (29/5/2021).

Jika dipaksakan terjadi pernikahan antara pelaku dengan korban, justru berpotensi menimbulkan reviktimisasi kepada korban karena adanya relasi kuasa dalam pernikahan mereka.

Korban yang dinikahkan dengan pelaku kekerasan seksual berpotensi kembali menjadi korban kekerasan baik secara fisik maupun psikis.

Baca juga: Orangtua Korban Persetubuhan Anak Anggota DPRD Kota Bekasi Tolak Rencana Pernikahan

Edwin menambahkan, penyelesaian kekerasan seksual dapat dilakukan dengan jalan penegakan hukum dan juga  rehabilitasi korban.

Penegakan hukum dalam bentuk diprosesnya pelaku sesuai ketentuan yang berlaku, sedangkan rehabilitasi dimaksudkan agar korban pulih secara medis maupun psikologis.

"Apalagi informasi yang kami dapat, korban mengalami pula trauma medis akibat menjadi korban. Ini yang perlu diperhatikan ketimbang mengupayakan pernikahan tersangka dengan korban", tambahnya.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved