Breaking News:

Antisipasi Virus Corona di DKI

Sosialisasi Vaksinasi Covid-19 Bagi Penyandang Disabillitas di Jakarta Timur Libatkan RT/RW

Kepala Puskesmas Kecamatan Cakung Junaidah mengatakan pelibatan tersebut guna mensosialisasikan program vaksinasi Covid-19 penyandang disabillitas

Penulis: Bima Putra | Editor: Muhammad Zulfikar
TribunJakarta/Nur Indah Farrah Audina
Vaksinasi massal bagi warga Duren Sawit di Kampung Tangguh Jaya Pondok Bambu, Jakarta Timur, Senin (7/6/2021). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Bima Putra

TRIBUNJAKARTA.COM, CAKUNG - Puskesmas Kecamatan di Jakarta Timur melibatkan pengurus RT/RW dalam pelaksanaan vaksinasi Covid-19 gratis bagi warga penyandang disabillitas.

Kepala Puskesmas Kecamatan Cakung Junaidah mengatakan pelibatan tersebut guna mensosialisasikan program vaksinasi Covid-19 penyandang disabillitas yang baru dimulai pemerintah.

"Setiap hari kita koordinasi terus dengan Lurah, pengurus RT/RW untuk mengirim sasaran vaksinasi kita (warga yang divaksinasi Covid-19)," kata Junaidah saat dikonfirmasi di Cakung, Jakarta Timur, Selasa (8/6/2021).

Sosialisasi diperlukan karena baru pada tanggal 2 Juni 2021 pemerintah memulai program vaksinasi Covid-19 gratis bagi warga penyandang disabillitas secara serentak di seluruh daerah.

Pun sejak awal pandemi pemerintah menyatakan penyandang disabillitas termasuk kelompok rentan terpapar Covid-19, di antaranya karena lebih sulit mendapat akses informasi Covid-19.

"Seperti lansia, mereka (disabillitas) kelompok rentan terpapar Covid-19, prioritas dilindungi. Sampai saat ini di wilayah Kecamatan Cakung sudah ada dua penyandang disabillitas yang divaksinasi," ujarnya.

Junaidah menuturkan pelayanan vaksinasi Covid-19 bagi penyandang disabillitas tidak mengacu pada domisili Kecamatan, artinya meski secara kependudukan bukan Cakung tetap dilayani di Puskesmas.

Posko vaksinasi Covid-19 bagi penyandang disabillitas juga tidak dibedakan dengan warga lainnya, mereka cukup datang membawa KTP dan mengikuti alur vaksinasi.

Baca juga: Toko Pakaian di Depok Dibakar Pria Misterius, Saksi Mata Ungkap Ciri-ciri Terduga Pelaku

Baca juga: Jokowi Hentikan Pembiayaan Hotel Pasien Covid-19, Anies Sulap GOR dan Sekolah Jadi Lokasi Isolasi

Baca juga: 33 Warga Positif Covid-19, Perumahan Villa Mutiara Gading 1 Bekasi Terapkan Mikro Lockdown

Bila dari hasil wawancara dinyatakan tim vaksinator lolos mereka langsung menjalani penyuntikan vaksinasi Covid-19 yang bertujuan meningkatkan kekebalan daya tahan tubuh.

"Sejauh ini untuk proses wawancara kesehatan penyandang disabillitas yang mendaftar vaksinasi Covid-19 tidak ada kendala karena mereka datang dengan pendamping," tuturnya.

Kepala Puskesmas Kecamatan Ciracas Santayana mengatakan pihaknya juga kini dalam tahap identifikasi warga penyandang disabillitas yang tinggal di Ciracas agar segera divaksinasi.

Identifikasi dilakukan meski Puskesmas Kecamatan Ciracas tidak membatasi pelayanan vaksinasi Covid-19 penyandang disabillitas berdasarkan domisili sebagaimana Puskesmas Cakung.

"Jadi mekanismenya kita koordinasi dulu dengan kader kesehatan atau dasawisma untuk identifikasi warga yang difabel. Sambil mendata itu kalau ada yang difabel datang ke layanan vaksin akan kami prioritaskan," kata Santayana.

Pelaksanaan vaksinasi Covid-19 bagi penyandang disabillitas yang melibatkan seluruh pemerintah daerah ini diatur lewat Surat Edaran (SE) Menteri Kesehatan No. HK.02.01/Menkes/598/2021.

Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved