Breaking News:

Sidang Rizieq Shihab

Hari Ini Jaksa Sampaikan Replik Perkara Tes Swab Rizieq Shihab di RS UMMI Bogor

Pengadilan Negeri Jakarta Timur menggelar sidang lanjutan perkara dugaan tindak pidana pemberitahuan bohong tes swab Rizieq Shihab di RS UMMI Bogor

Penulis: Bima Putra | Editor: Erik Sinaga
TribunJakarta/Bima Putra
Rizieq Shihab saat membacakan pleidoi atau pembelaan atas tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU) di Pengadilan Negeri Jakarta Timur, Kamis (10/6/2021). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Bima Putra

TRIBUNJAKARTA.COM, CAKUNG - Pengadilan Negeri Jakarta Timur menggelar sidang lanjutan perkara dugaan tindak pidana pemberitahuan bohong tes swab Rizieq Shihab di RS UMMI Bogor pada Senin (14/6/2021).

Kepala Humas Pengadilan Negeri Jakarta Timur, Alex Adam Faisal mengatakan sidang tersebut beragendakan pembacaan replik dari Jaksa Penuntut Umum (JPU) atas pleidoi dari Rizieq.

""Replik dari Penuntut Umum untuk perkara nomor 223, 224 dan, 225. Sidang dijadwalkan dimulai pukul 09.00 WIB di ruang sidang utama," kata Alex dalam keterangannya di Cakung, Jakarta Timur, Senin (14/6/2021).

Perkara nomor 223 merupakan berkas untuk terdakwa Dirut RS UMMI Bogor, dr. Andi Tatat, nomor 224 berkas untuk terdakwa Muhammad Hanif Alatas, sementara 225 untuk Rizieq.

Replik tersebut sebagai tanggapan JPU atas pleidoi atau nota pembelaan ketiga terdakwa dan tim kuasa hukumnya yang sebelumnya disampaikan pada sidang Kamis (10/6/2021).

Baca juga: Hasil Euro 2020: Gol ke-700 Sepanjang Piala Eropa Tercipta Saat Austria Kalahkan Makedonia Utara

Dalam pleidoinya ketiga terdakwa membantah tuntutan JPU bahwa mereka melakukan pemberitahuan bohong saat menyatakan Rizieq dalam kondisi sehat saat dirawat di RS UMMI Bogor.

Menurut ketiga terdakwa pernyataan tersebut bukan pemberitahuan bohong meski hasil tes swab PCR Rizieq saat dirawat di RS UMMI Bogor pada November 2020 lalu terkonfirmasi Covid-19.

Alasannya mereka tidak menyatakan Rizieq negatif Covid-19 dan saat pernyataan dibuat hasil tes swab PCR Rizieq yang diuji di Labolatorium RSCM, Jakarta Pusat belum keluar.

Mereka menolak pernyataan Rizieq sehat sudah menimbulkan keonaran sebagaimana isi pasal 14 ayat 1 UU Nomor 1 tahun 1946 tentang Peraturan Hukum Pidana tuntutan JPU.

Baca juga: Hasil Euro 2020: Drama 5 Gol, Belanda Menang Lawan Ukraina di Laga Perdana

Halaman
123
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved