Virus Corona di Indonesia

Belasan Pasien Covid-19 di Kota Tangerang Berstatus OTG dan Telah Disuntik Vaksin

Menurut data yang ada di Dinas Kesehatan Kota Tangerang, sebanyak empat persen dari 292 pasien OTG sudah pernah divaksin Covid-19

Penulis: Ega Alfreda | Editor: Muhammad Zulfikar
TribunJakarta.com/Ega Alfreda
RSUD Kota Tangerang tempat perawatan pasien Covid-19 yang kondisinya sudah penuh karena kasusnya meroket, Kamis (17/6/2021). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Ega Alfreda

TRIBUNJAKARTA.COM, TANGERANG - Empat persen dari pasien Covid-19 berstatus orang tanpa gejala (OTG) di Kota Tangerang ternyata sudah mendapatkan vaksinasi terlebih dahulu.

Menurut data yang ada di Dinas Kesehatan Kota Tangerang, sebanyak empat persen dari 292 pasien OTG sudah pernah divaksin Covid-19.

Bila dihitung, empat persen dari 292 berjumlah 11 orang.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangerang, Liza Puspadewi menjelaskan kalau ke-292 pasien tersebut sedang menjalani isolasi mandiri di Rumah Isolasi Terkonsentrasi (RIT).

"Ada yang sudah divaksin, tapi rasionya kecil sekali. Dari 292 yang ada di RIT, yang sudah vaksin lengkap hanya sekitar empat persen," jelas Liza di Pusat Pemerintahan Kota Tangerang, Kamis (17/6/2021.

Ia meyakinkan lagi, kalau sudah menerima vaksin tidak berarti kebal dari Virus Corona.

Vaksin memang dibuat untuk mengurangi resiko paparan Covid-19 dan besar kemungkinan mengurangi gejala berat.

"Saya infokan kembali bahwa vaksin itu tidak menjamin orang tidak terpapar (Covid-19), tapi dia menjanjikan akan memberikan dampak yang tidak buruk, mengurangi potensi, oleh karena itu walaupun kita sudah divaksin tetap menjaga protokol kesehatan," urai Liza.

Diberitakan sebelumnya, tingkat ketersediaan atau okupansi tempat tidur, di berbagai Rumah Sakit (RS) di Kota Tangerang untuk pasien Covid-19 semakin menipis

Tak terkecuali di RSUD Kota Tangerang, yang saat ini kondisinya sudah maksimal.

Diketahui, 141 tempat tidur telah terisi dari 156 tempat tidur yang tersedia.

Bahkan, belasan pasien melakukan waiting list untuk fasilitas ruang ICU dan NICU.

"Saat ini, kasus covid-19 sedang tinggi-tingginya. Sesuai dengan prediksi pengamat kesehatan dua minggu pasca lebaran Idulfitri lonjakan terus meningkat tajam," jelas Direktur RSUD Kota Tangerang, Dini Anggraeni, Rabu (16/6/2021) malam.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved