Sidang Rizieq Shihab

Sempat Ditangkap, Kuasa Hukum Rizieq Shihab Dipulangkan dari Mapolrestro Jakarta Timur

Kurnia Tri Royani, anggota tim kuasa hukum Rizieq ikut diamankan dan dibawa ke Mapolrestro Jakarta Timur bersama simpatisan lain, pada Kamis (24/6)

Penulis: Bima Putra | Editor: Wahyu Septiana
TribunJakarta/Bima Putra
Ilustrasi simpatisan Rizieq Shihab - Kurnia Tri Royani, anggota tim kuasa hukum Rizieq ikut diamankan dan dibawa ke Mapolrestro Jakarta Timur bersama simpatisan lain, pada Kamis (24/6) 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Bima Putra

TRIBUNJAKARTA.COM, CAKUNG - Jajaran Polrestro Jakarta Timur tidak hanya mengamankan simpatisan Rizieq Shihab yang datang saat sidang putusan perkara dugaan tindak pidana pemberitahuan bohong tes swab RS UMMI Bogor.

Kurnia Tri Royani yang merupakan satu anggota tim kuasa hukum Rizieq ikut diamankan pada Kamis (24/6/2021) dan dibawa ke Mapolrestro Jakarta Timur bersama ratusan simpatisan lain.

Meski tidak merinci alasan Kurnia diamankan lalu dibawa ke Polres, anggota tim kuasa hukum Rizieq, Aziz Yanuar mengatakan rekannya itu diamankan di depan Pengadilan Negeri Jakarta Timur.

"(Diamankan) di depan Pengadilan sepertinya. Tapi sekarang sudah pulang (dari Polrestro Jakarta Timur). Itu yang penting," kata Aziz saat dikonfirmasi Cakung, di Jakarta Timur, Kamis (24/6/2021).

Kurnia dapat meninggalkan Mapolrestro Jakarta Timur setelah anggota tim kuasa hukum Rizieq lainnya melakukan proses pendampingan hukum guna memulangkan dia dan para simpatisan lain.

Ratusan simpatisan Rizieq Shihab tertahan di Jalan I Gusti Ngurah Rai, Duren Sawit, Jakarta Timur saat hendak menuju PN Jakarta Timur, Kamis (24/6/2021)
Ratusan simpatisan Rizieq Shihab tertahan di Jalan I Gusti Ngurah Rai, Duren Sawit, Jakarta Timur saat hendak menuju PN Jakarta Timur, Kamis (24/6/2021) (TribunJakarta/Nur Indah Farrah Audina)

Hingga pukul 18.29 WIB Aziz menuturkan seluruh simpatisan yang diamankan di Mapolrestro Jakarta Timur, Mapolsek Cakung karena hendak menyaksikan sidang putusan sudah dipulangkan.

"Sudah dipulangkan, tinggal di Polda (Metro Jaya)," ujarnya.

Baca juga: Obyek Wisata Sejarah dan Tempat Latihan Seni Budaya di Jakut Tutup Sementara Imbas Lonjakan Covid-19

Baca juga: Tenaga Kesehatan di RSUD Kota Bekasi Kewalahan, Pemkot Tambah 150 Relawan Bantu Pelayanan

Baca juga: Petugas Gunakan Alat Listrik Tenangkan Pasien Covid-19 Mengamuk di RSUD Pasar Minggu

Sebelumnya bentrok antara simpatisan Rizieq dan aparat terjadi karena massa memaksa menyaksikan sidang putusan perkara tes swab RS UMMI Bogor di Pengadilan Negeri Jakarta Timur.

Hingga pukul 11.00 WIB saat sidang pembacaan putusan berlangsung sekitar 150 simpatisan Rizieq diamankan di sejumlah lokasi, di antaranya bahkan kedapatan membawa senjata tajam.

Kerusuhan baru mereda setelah sidang rampung dan Rizieq dibawa kembali ke Rutan Bareskrim Polri mobil menggunakan bus tahanan Kejaksaan Negeri Jakarta Timur sekira pukul 12.45 WIB.

Dalam perkara tes swab RS UMMI Bogor Rizieq dinyatakan terbukti melanggar pasal 14 ayat 1 UU Nomor 1 tahun 1946 tentang Peraturan Hukum Pidana dengan vonis empat tahun penjara.

Atas putusan Majelis Hakim yang lebih rendah dari tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU) yang meminta vonis enam tahun penjara Rizieq dan tim kuasa hukumnya mengajukan banding.

Ratusan simpatisan Rizieq Shihab diamankan polisi, kuasa hukum siapkan pendampingan

Halaman
1234
Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved