Breaking News:

Antisipasi Virus Corona di DKI

Tiga Penyebab Jakarta Timur Sumbang Kasus Covid-19 Tertinggi Se-DKI

Wakil Wali Kota Jakarta Timur Hendra Hidayat mengatakan tingginya penambahan jumlah kasus terkonfirmasi Covid-19 akibat sejumlah hal

Penulis: Bima Putra | Editor: Muhammad Zulfikar
TribunJakarta/Bima Putra
Wakil Wali Kota Jakarta Timur Hendra Hidayat saat memberi keterangan terkait vaksinasi massal Covid-19 di Ciracas, Jumat (2/7/2021) 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Bima Putra

TRIBUNJAKARTA.COM, CIRACAS - Tingginya penyebaran Covid-19 membuat Jakarta Timur termasuk satu dari 44 Kota bersatus level 4 dalam pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) Darurat.

Dalam dua pekan terakhir Jakarta Timur menjadi kota penyumbang penambahan kasus terkonfirmasi Covid-19 harian tertinggi di DKI, paling anyar pada Sabtu (3/7/2021) dengan jumlah 2.974 kasus.

Wakil Wali Kota Jakarta Timur Hendra Hidayat mengatakan tingginya penambahan jumlah kasus terkonfirmasi Covid-19 akibat sejumlah hal, pertama masalah kepadatan penduduk.

"Jakarta Timur ini penduduknya paling banyak, hampir 3 juta. 30 persen penduduk Jakarta itu ada di Jakarta Timur, karena ini wilayah permukiman yang padat," kata Hendra saat dikonfirmasi di Ciracas, Jakarta Timur, Minggu (4/7/2021).

Kepadatan penduduk pada 10 Kecamatan ini dianggap memengaruhi penambahan kasus terkonfirmasi Covid-19 karena tingkat kontak langsung antara warga lebih sulit dihindari.

Dalam hal ini penularan Covid-19 lewat droplet atau partikel air liur saat berbicara, batuk, dan bersin lebih mudah menular karena tingginya intensitas kontak langsung antara warga.

"Dan jangan lupa, Jakarta Timur ini menjadi (wilayah) lintasan. Perbatasan dengan Depok, Bekasi, Bogor. Orang masuk Jakarta pasti lewat Jakarta Timur. Jadi siapa pun yang di-tracing masuk di Jakarta Timur," ujarnya.

Hendra menuturkan faktor lain yang memperburuk tingginya penambahan kasus terkonfirmasi Covid-19 yakni menurunnya tingkat kepatuhan warga terhadap protokol kesehatan.

Menurutnya meski pemerintah sedang menggencarkan vaksinasi Covid-19 guna mencapai target herd immunity atau kekebalan komunal tapi protokol kesehatan tetap harus diterapkan.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved