Breaking News:

Antisipasi Virus Corona di Depok

Juru Sembelih Hewan Kurban di Depok Wajib Sertakan Hasil Rapid Test Negatif

Para juru sembelih tersebut harus mengikuti swab antigen dan hasilnya harus negatif.

Editor: Erik Sinaga
TribunJakarta.com/Satrio Sarwo Trengginas
Ilustrasi Juru sembelih hewan kurban di Kota Depok harus menerapkan protokol kesehatan. 

TRIBUNJAKARTA.COM, DEPOK-  Juru sembelih hewan kurban di Kota Depok harus menerapkan protokol kesehatan. Para juru sembelih tersebut harus mengikuti swab antigen dan hasilnya harus negatif.

Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian, dan Perikanan (DKPPP) Kota Depok menjabarkan mengenai aturan mengenai tata cara pemotongan hewan kurban di Rumah Potong Hewan Ruminansia (RPHR) dan di luar RPHR.

Kepala DKPPP Kota Depok, Diah Sadiah mengatakan, pemotongan hewan kurban di kedua tempat tersebut harus menerapkan protokol kesehatan (protkes) pencegahan Covid-19 secara ketat.

Hal itu sesuai dengan aturan yang ada di surat edaran (SE) Wali Kota Nomor 443/314-Huk/DKP3 tentang pelaksanaan kegiatan kurban dalam situasi wabah bencana non alam Corona Virus Desease 2019 (Covid-19) di Kota Depok.

"Antara lain juru sembelih hewan dalam keadaan sehat, yang ditunjukan dengan hasil rapid test nonreaktif (negatif) atau rapid test antigen nonreaktif (negatif) atau swab PCR negatif," kata Diah seperti dikutip dari keterangan, Kamis (8/7/2021).

RPHR bertanggung jawab terhadap kesehatan dan kesejahteraan hewan.

Untuk hewan yang didatangkan dari luar Kota Depok harus disertai Surat Keterangan Kesehatan Hewan (SKKH) dari daerah asal hewan.

RPHR juga bertanggung jawab terhadap pengelolaan limbah dari hewan dan hasil proses pemotongan.

Baca juga: Aqiqah atau Kurban, Mana yang Harus Didahulukan? Ini Penjelasan Buya Yahya

"Agar tidak menimbulkan gangguan bagi masyarakat dan lingkungan sekitar," tuturnya.

Sementara untuk pemotongan hewan kurban di luar RPHR, para lurah melakukan pemetaan lokasi penyelenggaraan pemotongan hewan kurban dengan mempertimbangkan zona RW, protkes pencegahan penularan Covid-19, serta ketertiban dan keamanan.

Halaman
1234
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved