Antisipasi Virus Corona di DKI

Tim Vaksinator Tak Datang, Pengurus RW Bingung dengan Vaksinasi Merdeka di Jakarta Timur

Warga RW 01, Kelurahan/Kecamatan Ciracas, Jakarta Timur dibuat bingung dengan pelaksanaan Vaksinasi Merdeka gelaran Polda Metro Jaya di permukimannya

Penulis: Bima Putra | Editor: Wahyu Septiana
TRIBUNJAKARTA.COM/BIMA PUTRA
Tampak tenda Vaksinasi Meski di permukiman warga RW 01 Kelurahan/Kecamatan Ciracas, Jakarta Timur, Minggu (1/8/2021). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Bima Putra

TRIBUNJAKARTA.COM, CIRACAS - Warga RW 01, Kelurahan/Kecamatan Ciracas, Jakarta Timur dibuat bingung dengan pelaksanaan Vaksinasi Merdeka gelaran Polda Metro Jaya di permukiman mereka.

Setelah pada Minggu (1/8/2021) atau hari pertama kegiatan Vaksinasi Merdeka batal digelar secara mendadak karena relawan tenaga kesehatan yang bertugas sebagai tim vaksinator tidak datang.

Ketua Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) RW 01 Kelurahan Ciracas, Riyanti mengatakan hingga kini pihaknya belum mengetahui pasti apa pada Senin (2/8/2021) kegiatan tetap digelar.

"Jadwalnya memang Vaksinasi Merdeka di RW 01 ini berlangsung tiga hari, mulai hari ini. Tapi hari ini batal mendadak, sementara untuk besok belum tahu jadi atau enggak," kata Riyanti di Ciracas, Jakarta Timur, Minggu (1/8/2021).

Pengurus RW 01 Kelurahan Ciracas belum bisa memastikan apa Vaksinasi Merdeka pada Senin (2/8/2021) tetap digelar karena masih menunggu informasi pasti dari jajaran Polda Metro Jaya.

Tampak tenda Vaksinasi Meski di permukiman warga RW 01 Kelurahan/Kecamatan Ciracas, Jakarta Timur, Minggu (1/8/2021).
Tampak tenda Vaksinasi Meski di permukiman warga RW 01 Kelurahan/Kecamatan Ciracas, Jakarta Timur, Minggu (1/8/2021). (TRIBUNJAKARTA.COM/BIMA PUTRA)

Pasalnya tenaga kesehatan yang bertugas dalam kegiatan Vaksinasi Merdeka selama tanggal 1-17 Agustus 2021 merupakan relawan Polda Metro Jaya, bukan dari Puskesmas dan Pusdokkes Polri.

"Jadi kita masih menunggu informasi dari polisi besok jadi atau enggak. Kalau dari kita (pengurus RW) mah siap, tadi saja dari kader Dasawisma, Jumantik dan anggota Karang Taruna sudah datang. Tapi tenaga kesehatan enggak hadir," ujarnya.

Kader Dasawisma, Jumantik RW 01 serta anggota Karang Taruna dilibatkan di bagian pendaftaran peserta vaksinasi dan pemeriksaan kesehatan sebelum penyuntikan dosis vaksin.

Merujuk informasi yang disampaikan jajaran Polrestro Jakarta Timur, Riyanti menuturkan kegiatan Vaksinasi Merdeka di RW 01 digelar selama tiga hari dengan target 200 peserta per harinya.

Kegiatan Vaksinasi Merdeka ini sebenarnya disambut baik warga karena diadakan dengan sistem jemput bola ke permukiman sehingga mereka tidak perlu menempuh perjalanan jauh.

Baca juga: Marc Marquez Tebar Ancaman di Wilayah Kekuasaan Ducati, Berikut Jadwal Sisa MotoGP 2021:Live Trans 7

"Tadi pas dikasih tahu vaksinasi batal juga warga pada kecewa, sudah datang bawa fotokopi KTP kan. Akhirnya setelah dikasih tahu sama Binmaspol batal warga duduk-duduk sebentar di tenda terus pulang," tuturnya.

Kapolsek Ciracas Kompol Jupriono mengatakan ada sejumlah sentra Vaksinasi Merdeka di wilayahnya yang hari ini dibatalkan mendadak karena tenaga kesehatan relawan tidak hadir.

Namun dia juga belum dapat memastikan apa Vaksinasi Merdeka yang hari ini batal digelar sebagaimana di RW 01 Kelurahan Ciracas akan tetap diadakan sesuai jadwal atau dialihkan ke lokasi lain.

"Belum tahu, menunggu petunjuk," kata Jupriono.

Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved