Hasil Survei Kriteria Bakal Capres, Elektabilitas Airlangga Teratas

Nama Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto menduduki posisi teratas bakal calon presiden yang diinginkan masyarakat.

Istimewa
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian yang juga Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) Airlangga Hartarto. 

TRIBUNJAKARTA.COM, JAKARTA - Nama Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto menduduki posisi teratas bakal calon presiden yang diinginkan masyarakat.

Hal itu diketahui dari hasil survei yang digelar Timor Barat Research Center (TBRC).

Terdapat empat kriteria nama tokoh bakal calon presiden yang dianggap mampu melakukan transformasi Indonesia dalam menghadapi dampak Covid-19 serta melanjutkan program Jokowi.

Pertama, kepemimpinan yang kuat di tiga aspek, antara lain aspek ekonomi untuk menyelesaikan dampak buruk atau menurunnya kesejahteraan masyarakat akibat dampak Covid 19. Kemudian, pemerintahan yang bersih serta mengutamakan Hak Asasi Manusia.

Sebanyak 90,8 persen respoden menginginkan bakal capres ke-8 RI ke-8  artinya mempunyai sifat konsisten dan komitmen yang tinggi, apa yang diucapkan dengan yang diperbuat.

Baca juga: Airlangga Sapa Pasien dan Nakes di Isoter Terapung Jayapura

Sebanyak 96,3 persen menginginkan Presiden ke-8 RI memiliki creation opportunities, artinya menciptakan peluang bagi orang lain untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan.

Sebanyak 93,7 persen responden menginginkan Presiden ke8 RI menunjukkan kepedulian kepada orang masyarakat, sehingga masyarakat merasa diikutsertakan dalam mengelola pemerintahan. 

Sebanyak 87,6 persen respoden menginginkan Presiden ke-8 RI mempunyai dan mampu keterampilan komunikasi yang baik dengan masyarakat.

Baca juga: Tinjau Isolasi Apung Terpusat, Menko Airlangga Apresiasi Penanganan Covid-19 di Papua Barat

Sementara yang diinginkan masyarakat dalam kepemimpinan 2024-2029 adalah kepemimpinan atau tokoh yang memiliki  pengalaman di Pemerintahan diinginkan oleh 94,4 persen respoden, pengalaman di legislatif 74,8 persen, didasarkan kemampuan dan prestasi saat menjabat di Pemerintahan dan legislative 90,7 persen, dan didasarkan pada pengalaman berorganisasi dan memimpin organisasi politik 59,6 persen. 

Selain itu juga masyarakat menginginkan Presiden ke-8 RI memiliki tiga aspek dalam kepemimpinan transformasional seperti yang dimiliki Presiden Jokowi.

Dimana, selain dari hal pengalaman, masyarakat juga meninginkan Presiden ke-8 RI sebanyak 92,7 persen responden menginginkan presiden selanjutnya harus memiliki kemampuan untuk meyakinkan masyarakat  tentang kondisi masa depan yang diinginkannya sekaligus mewujudkannya.

Baca juga: Menko Airlangga Siapkan 1,5 Juta Dosis Vaksin untuk Percepatan Vaksinasi di Lampung

Sebanyak 90,8 persen Presiden ke-8 RI harus memiliki pengaruh, kendali politik  dan kuasa terhadap kelompok elit politik, parpol dan legislatif sehingga mendapatkan dukungan yang kuat untuk mencapai tujuannya.

Sebanyak 95,8 persen responden menginginkan Presiden ke-8 RI bukan seorang peragu tetapi memiliki self confidence yang terukur 

"Tingkat elektabilitas tokoh didasarkan pada empat ukuran perilaku spesifik dan tiga aspek dalam kepemimpinan transformasional untuk bakal Presiden ke-8 RI maka tokoh yang paling banyak dipilih oleh responden adalah Airlangga Hartarto sebanyak 18,30 persen," terang Direktur Eksekutif TBRC, Yohanes Romeo dalam keterangan tertulis, Senin (6/9/2021). 

Halaman
123
Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved