Breaking News:

Lapas Tangerang Terbakar

Pengamat Soal Kebakaran Maut di Lapas Tangerang: Dukungan Anggaran Sangat Penting

Pengamat mulai menyoroti kebakaran maut yang terjadi di Lapas Kelas 1 Tangerang.

Penulis: Ega Alfreda | Editor: Erik Sinaga
Dokumentasi Kementerian Hukum dan HAM
Garis polisi di lokasi musibah kebakaran maut di Lapas Kelas I Tangerang, Rabu (8/9/2021). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Ega Alfreda

TRIBUNJAKARTA.COM, TANGERANG - Pengamat mulai menyoroti kebakaran maut yang terjadi di Lapas Kelas 1 Tangerang.

Seperti yang diberitakan sebelumnya, dari kebakaran itu menewaskan 44 warga binaan pemasyarakatan (WBP) atau narapidana pada Rabu (8/9/2021) dini hari.

Pengamat politik dan kebijakan publik Universitas Syekh Yusuf (UNIS) Tangerang, Adib Miftahul menilai hak asasi manusia untuk WBP sangat memprihatinkan.

Adib menilai, peristiwa kebakaran dengan diduga terdapat konsleting listrik tersebut justru semakin menunjukkan pemerintah tak serius menangani warga binaan yang ada di dalam lapas.

Baca juga: Tak Hanya Polisi, Tim DVI Kebakaran Lapas Tangerang Beranggotakan Ahli dari Puskes TNI Hingga Dosen

Menurutnya, sudah begitu lama masalah di lapas, seperti bangunan tak layak, over kapasitas, fasilitas yang minim seolah ini tak bisa diselesaikan.

"Sebagus apapun manajemen pengelolaan lapas kalau gedungnya tua, fasilitas banyak tak layak, didukung dengan minimnya teknologi, jangan kaget kalau kejadian seperti ini bakal terulang lagi," kata Adib kepada wartawan, Sabtu (11/9/2021).

Suasana terkini Lapas Kelas 1 Tangerang yang terjadi kebakaran maut menewaskan 44 warga binaan pemasyarakatan (WBP) atau narapidana, Kamis (9/9/2021).
Suasana terkini Lapas Kelas 1 Tangerang yang terjadi kebakaran maut menewaskan 44 warga binaan pemasyarakatan (WBP) atau narapidana, Kamis (9/9/2021). (TribunJakarta.com/Ega Alfreda)

"Nah disini penting soal dukungan anggaran," sambungnya.

Adib menambahkan, satu dari beberapa kunci penting menyelesaikan masalah pelik terkait manajemen lapas adalah political will.

Padahal dukungan politik dan anggaran ini yang selalu didengungkan terutama oleh DPR RI, tetapi juga masih setengah hati.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved