Divonis Bersalah Soal Polusi Udara, Reaksi Anies: Kami Berada di Barisan Depan Lawan Perubahan Iklim

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bereaksi atas putusan pengadilan yang mengabulkan gugatan polusi udara oleh Koalisi Ibu Kota.

Penulis: Ferdinand Waskita | Editor: Yogi Jakarta
Facebook Anies Baswedan
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bereaksi atas putusan pengadilan yang mengabulkan gugatan polusi udara oleh Koalisi Ibu Kota. 

TRIBUNJAKARTA.COM, JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bereaksi atas putusan pengadilan yang mengabulkan gugatan polusi udara oleh Koalisi Ibu Kota.

Anies Baswedan bersama dengan Presiden Joko Widodo dan tiga menteri di kabinet Indonesia Maju dianggap membiarkan terjadinya buruknya udara di Jakarta.

Melaui akun instagram, Anies Baswedan mengungkapkan udara bersih adalah hak asasi manusia yang dijamin oleh Undang-Undang Dasar 1945.

"Kami di Pemprov DKI mengapresiasi gugatan terkait kualitas udara yang diajukan oleh 32 warga DKI, warga Jawa Barat, dan Banten pada tahun 2019 lalu," kata Anies melalui akun instagram, Sabtu (18/9/2021).

Diketahui, majelis hakim Pengadilan Negeri Jakarta pusat telah memutuskan mengabulkan sebagian gugatan para tergugat pada hari Kamis 16 September 2021.

Baca juga: Mas Anies Klaim Sudah Kerjakan Tuntutan Sebelum Divonis Bersalah Soal Polusi Udara Jakarta

Terdapat 7 pejabat tingkat nasional dan daerah yang menjadi pihak tergugat termasuk Gubernur DKI Jakarta.

Anies mengatakan amar putusan ini sesuai dengan visi dan misi pemerintah provinsi DKI Jakarta untuk menyediakan udara bersih yang merupakan hak dasar bagi siapapun.

Karena itu, kata Anies, Pemprov DKI Jakarta menerima putusan pengadilan dan tidak mengajukan banding dalam rangka mempercepat pelaksanaan putusan tersebut.

Foto langit biru Jakarta dari kawasan Dukuh Atas, Jakarta Selatan yang dipamerkan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di media sosial twitternya
Foto langit biru Jakarta dari kawasan Dukuh Atas, Jakarta Selatan yang dipamerkan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di media sosial twitternya (Istimewa/Twitter Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (@aniesbaswedan).)

Bahkan sebelum sidang gugatan dimulai, Lanjut Anies, Pemprov DKI sebenarnya telah mengeluarkan Instruksi Gubernur No. 66/2019 tentang Pengendalian Kualitas Udara.

"Kita telah memulai 7 Insiatif Untuk Udara Bersih untuk menyelesaikan masalah pencemaran udara di DKI Jakarta," tutur Anies.

Menurut Anies, hal tersebut adalah kerja besar tapi ini juga adalah kerja bersama.

"Kita semua tahu bahwa polusi udara dan perubahan iklim adalah masalah global yang sangat mendesak untuk diselesaikan," tutur Anies.

Baca juga: Resmikan GOR, Anies Bagikan Momen Bareng Mendiang Sekda Saefullah Hingga Berziarah ke Makamnya

Anies menegaskan Jakarta tidak akan berpangku tangan.

"Kami memilih untuk berada di barisan depan bersama dengan kota-kota besar dunia lainnya di dalam melawan perubahan iklim," tambah Anies.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved