Breaking News:

Antisipasi Virus Corona di DKI

Puskesmas Kramat Jati Gunakan Moderna dan Pfizer untuk Penyuntikan Dosis Satu Vaksin Covid-19

Warga Kecamatan Kramat Jati, Jakarta Timur kini bisa mendapatkan vaksin Covid-19 jenis Moderna dan Pfizer

Penulis: Bima Putra | Editor: Erik Sinaga
TribunJakarta/Bima Putra
Penyuntikan dosis satu vaksin Covid-19 menggunakan jenis Moderna bagi warga umum di GOR Balai Rakyat, Kramat Jati, Jakarta Timur, Sabtu (25/9/2021). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Bima Putra

TRIBUNJAKARTA.COM, KRAMAT JATI - Warga Kecamatan Kramat Jati, Jakarta Timur kini bisa mendapatkan vaksin Covid-19 jenis Moderna dan Pfizer di sentra vaksinasi gelaran Puskesmas.

Kepala Puskesmas Kecamatan Kramat Jati, Inda Mutiara mengatakan vaksin Covid-19 jenis Moderna dan Pfizer ini diperuntukkan bagi warga ber-KTP DKI yang belum mendapat dosis satu.

Baca juga: Ada Temuan Kasus Aktif di SD, Wagub Ariza Dorong Vaksin Covid-19 Bagi Anak Usia di Bawah 12 Tahun

"Sekarang untuk warga yang belum mendapat dosis satu diarahkan menggunakan jenis Moderna dan Pfizer. Pilihannya dua itu," kata Inda di Kramat Jati, Jakarta Timur, Sabtu (25/9/2021).

Penggunaan vaksin Covid-19 jenis Moderna dan Pfizer juga tidak lagi hanya diperuntukkan bagi warga dengan komorbid atau penyakit penyerta dan membawa surat rekomendasi dokter.

Warga tanpa penyakit penyerta tetap bisa mendapat vaksin Covid-19 jenis Moderna dan Pfizer di Puskesmas Kecamatan Kramat Jati, dengan syarat belum mendapat dosis satu.

Baca juga: Bisa Daftar Langsung di Lokasi, Puskesmas Kecamatan Kramat Jati Siapkan 4 Jenis Vaksin Covid-19

"Untuk Sinovac dan AstraZeneca di Puskesmas tetap ada, tapi hanya untuk dosis dua saja. Kalau dosis satunya Moderna atau Pfizer ya dosis dua tetap pakai Moderna atau Pfizer," ujarnya.

Inda menuturkan penggunaan vaksin Covid-19 jenis Moderna dan Pfizer untuk disiagakan satu warga umum ber-KTP Jakarta berdasar ketetapan Dinas Kesehatan DKI Jakarta.

Baca juga: Pendarahan Otak Terjadi Karena Berhubungan dengan Vaksin Covid? Ini Penjelasan Lengkap Dokter

Syarat lain mendapat vaksin Covid-19 jenis Moderna dan Pfizer yang memiliki efikasi lebih tinggi dibanding Sinovac dan AstraZeneca di Puskesmas yakni berusia 12 tahun ke atas.

"Untuk Moderna interval dosis satu ke dua 28 hari, sama seperti Sinovac. Untuk Pfizer interval dosis satu ke dua 21 hari. Mudah-mudahan dengan pilihan vaksin ini warga yang belum divaksinasi jadi mau," tuturnya.

Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved