Breaking News:

Antisipasi Virus Corona di Depok

Mendagri Izinkan Anak Dibawah Usia 12 Tahun Masuk Mal di Depok, Satgas Siapkan Peraturan Wali Kota

Pemerintah akhirnya mengizinkan anak dibawah usia 12 tahun masuk ke dalam sejumlah pusat perbelanjaan atau pun mal, meski belum mendapatkan vaksinasi.

Penulis: Dwi Putra Kesuma | Editor: Elga H Putra
TRIBUNJAKARTA.COM/EGA ALFREDA
QR Code untuk scan kartu vaksinasi Covid-19 yang disediakan oleh pihak mal untuk pengunjung yang akan masuk. 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Dwi Putra Kesuma

TRIBUNJAKARTA.COM, PANCORAN MAS – Pemerintah akhirnya mengizinkan anak dibawah usia 12 tahun masuk ke dalam sejumlah pusat perbelanjaan atau pun mal, meski belum mendapatkan vaksinasi.

Keputusan tersebut tertuang dalam surat Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 47 Tahun 2021, ihwal perpanjangan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) pada Senin (4/10/2021).

Dalam surat tersebut, Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian, mengatakan anak dibawah usia 12 tahun sudah boleh memasuki mal di sejumlah daerah yang di antaranya DKI Jakarta, Kota dan Kabupaten Tangerang, Bekasi, Bogor, Bandung, Kota Yogyakarta, Surabaya, Tangerang Selatan, dan Depok.

Namun demikian, setiap orang tua wajib mendampingi anaknya saat memasuki area mal, dan telah mendapatkan vaksinasi minimal dosis pertama.

“Dengan syarat didampingi orang tua,”  ujar Tito dalam surat tersebut.

Baca juga: Daftar Gaji UMR Tertinggi Tingkat Kabupaten dan Kota Tahun 2021, Depok Duduki Posisi ke-4

Meski telah diizinkan memasuki area mal, namun anak dibawah usia 12 tahun tetap tidak boleh memasuki area bioskop, dan sarana bermain anak di dalam pusat perbelanjaan pun belum diizinkan beroperasi.

“Tempat bermain anak-anak, dan tempat hiburan dalam pusat perbelanjaan/mal/pusat perdagangan ditutup,” jelas Tito.

Baca juga: Baliho Jumbo Ucapan HUT ke-76 TNI di Depok Salah Tanggal, Wakil Wali Kota Minta Maaf: Faktor Manusia

Menindaklanjuti instruksi tersebut, Kota Depok yang menjadi satu dari sejumlah daerah yang terpilih pun tengah menyiapkan peraturan wali kota terbaru.

“Peraturan wali kota masih dalam proses, tapi merujuk kepada Instruksi Menteri Dalam Negeri, sudah diperbolehkan (anak usia dibawah 12 tahun boleh masuk mal),” kata Juru Bicara Satgas Covid-19 Kota Depok, Dadang Wihana, dikonfirmasi wartawan, Selasa (5/10/2021).

Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved