Breaking News:

4 Tahun Gubernur Anies

4 Tahun Gubernur Anies, Gagal Perbaiki Udara Jakarta hingga Diputus Bersalah Soal Polusi

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengklaim sudah melaksanakan hal yang menjadi tuntutan Koalisi Ibu Kota soal gugatan polusi udara

TRIBUNJAKARTA.COM/MUHAMMAD RIZKI HIDAYAT
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, akan menggratiskan pajak balik nama kendaraan bermotor berbasis listrik, setelah mengikuti Karnaval Jakarta Langit Biru, di kawasan Bundaran Senayan, dekat mal Ratu Plaza, Jakarta Pusat, Minggu (27/10/2019). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Dionisius Arya Bima

TRIBUNJAKARTA.COM, GAMBIR - Selama empat tahun memimpin Jakarta, Gubernur Anies Baswedan dianggap gagal memperbaiki kualitas udara di ibu kota.

Anies bahkan diputus bersalah dalam gugatan polusi udara yang diajukan 32 orang penggugat yang menamakan diri Gerakan Inisiatif Bersih Udara Koalisi Semesta (Ibu Kota).

Putusan itu dijatuhkan Pengadilan Negeri atau PN Jakarta Pusat pada 16 September 2021 lalu.

Diputus Bersalah Atas Polusi di DKI

Majelis Hakim PN Jakarta Pusat memutus mengabulkan sebagian gugatan penggugat atas perkara nomor 374/Pdt.G/LH/2019/PN.Jkt.Pst. 

Dalam amar putusannya, hakim menyatakan pemerintah selaku tergugat yakni Presiden RI, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Menteri Dalam Negeri, Menteri Kesehatan, dan Gubernur DKI Jakarta, serta turut tergugat yakni Gubernur Banten dan Gubernur Jawa Barat telah melakukan perbuatan melawan hukum. 

"Mengadili dalam provisi, menolak permohonan provisi yang diajukan oleh para penggugat, dalam eksepsi menolak eksepsi para tergugat dan turut tergugat II. Dalam pokok perkara; mengabulkan gugatan para penggugat untuk sebagian," ujar hakim ketua Saifuddin Zuhri saat membacakan putusan di PN Jakarta Pusat, Kamis (16/9/2021). 

Hakim menyatakan para tergugat sudah melakukan perbuatan melawan hukum dalam perkara penanganan polusi udara, yakni lalai memenuhi kewajiban atas terpeliharanya udara bersih dan sehat bagi masyarakat.

Baca juga: Divonis Bersalah Soal Polusi Udara, Reaksi Anies: Kami Berada di Barisan Depan Lawan Perubahan Iklim

"Menyatakan tergugat satu, tergugat dua, tergugat tiga, tergugat empat, dan tergugat lima telah melakukan perbuatan melawan hukum," tegas Saifuddin.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved