Wisata di Pulau Seribu Kembali Bergeliat, Ribuan Pelancong Berkunjung saat PPKM Level 2

Sektor wisata di wilayah Kabupaten Kepulauan Seribu bergeliat kembali di tengah penerapan PPKM Level 2. 1.528 pelancong datangi pulau tersebut.

pulautidung-indonesia.com
Jembatan Cinta di Kepulauan Seribu yang menghubungkan Pulau Tidung Besar dengan Pulau Tidung Kecil, Kepulauan Seribu, DKI Jakarta. Sektor wisata di wilayah Kabupaten Kepulauan Seribu bergeliat kembali di tengah penerapan PPKM Level 2. 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Gerald Leonardo Agustino

TRIBUNJAKARTA.COM, KEPULAUAN SERIBU - Sektor wisata di wilayah Kabupaten Kepulauan Seribu bergeliat kembali di tengah penerapan PPKM Level 2.

Hal itu ditandai dengan kunjungan sebanyak 1.528 pelancong ke Kabupaten Kepulauan Seribu beberapa hari belakangan.

Kasubag TU Sudin Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) Kepulauan Seribu Neneng Roaeni mengatakan, jumlah tersebut tercatat dari tanggal 24 sampai dengan 31 Oktober 2021.

"Jumlah wisatawan yang mengunjungi Kepulauan Seribu sejak kembali dibuka sebanyak 1.528 orang. Itu terdiri dari 1.524 wisatawan nusantara dan empat wisatawan mancanegara," kata Neneng, Senin (1/11/2021).

Ribuan wisatawan yang berkunjung ke Kepulauan Seribu tersebut datang melalui pintu masuk Marina Ancol, Kali Adem, Tanjung Pasir, dan Rawasaban.

Baca juga: Mulai Hari Ini, Kepulauan Seribu Sudah Dibuka untuk Wisatawan

Untuk wisatawan yang berkunjung melalui pintu masuk Marina Ancol sebanyak 547 wisatawan dan di Dermaga Kali Adem sebanyak 377 orang.

"Pintu masuk Tanjung Pasir 531 dan pintu masuk Rawasaban sebanyak 73 wisatawan," kata Neneng.

Sebelumnya, Kabupaten Kepulauan Seribu membuka kembali sejumlah pulau wisata dengan kapasitas sebanyak 25 persen.

Baca juga: Peremajaan Pencahayaan, Ratusan Lampu Jalan di Kepulauan Seribu Diganti Armature LED

Pulau wisata kembali dibuka dengan persyaratan-persyaratan tertentu sesuai Keputusan Gubernur DKI Jakarta Nomor 1245 Tahun 2021 Tentang PPKM Level 2.

Hal itu juga tertuang dalam Surat Keputusan (SK) Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif DKI Jakarta Nomor 638 Tahun 2021 pada sektor usaha pariwisata.

Persyaratan yang dimaksud misalnya, wisatawan yang hendak melancong ke Kepulauan Seribu sudah harus menjalani vaksinasi Covid-19 minimal dosis pertama.

Para wisatawan juga diwajibkan melakukan scan QR Code via aplikasi PeduliLindungi di dermaga keberangkatan.

Terkait alurnya, di dermaga keberangkatan dan kedatangan dibuat dua jalur yaitu jalur untuk orang yang bukan berdomisili di Kepulauan Seribu atau wisatawan dan jalur khusus untuk warga Kepulauan Seribu serta seluruh petugas.

Sementara untuk anak-anak usia di bawah 12 tahun wajib di bawah pengawasan orangtua.

Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved