Breaking News:

Peringati Hari Guru Nasional, Ini Pesan Anies ke Tenaga Pendidik agar Tak Tersisih oleh Teknologi

Selain menginspirasi, Anies mengharapkan seorang guru juga dapat menciptakan ekosistem sekolah yang menantang, namun menyenangkan.

Istimewa
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat menghadiri peringatan Hari Guru Nasional 2021 di kantor Dinas Pendidikan DKI Jakarta, Jakarta Selatan, Kamis (25/11/2021).  

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Dionisius Arya Bima Suci

TRIBUNJAKARTA.COM, GAMBIR - Gubernur DKI Jakarta Anies juga Baswedan mengajak para guru agar menjadi pendidik yang mampu menginspirasi setiap muridnya.

Dengan begitu, diharapkan agar para guru selalu dikenang selama perjalanan hidup murid.

Hal itu disampaikan Anies saat memberikan sambutan dalam acara peringatan Hari Guru Nasional 2021 di Auditorium Ki Hajar Dewantara, Dinas Pendidikan DKI Jakarta, Jakarta Selatan, Kamis (25/11/2021). 

"Jika guru mengajar dengan hati dan menginspirasi, maka tak ada teknologi yang menggantikan, dan Insya Allah itu adalah guru di Jakarta," ujarnya.

Baca juga: Diperingati Tiap 25 November, Ini Loh Sejarah Hari Guru Nasional

Dalam kesempatan ini, Anies juga mengajak semua untuk kembali mengenang jasa dan peran guru. Sebab, peringatan Hari Guru Nasional biasanya bercerita tentang memori di masa-masa sekolah.

"Apa yang sekarang kita kerjakan selalu mencerminkan didikan yang kita terima. Ini sebuah refleksi, apakah kita diingat oleh murid kita, guru diingat karena apa? Karena menginspirasi atau menyebalkan," ujarnya.

"Pertanyaannya, kita mau diingat sebagai yang mana? Insya Allah, guru-guru di Jakarta akan diingat sebagai yang menginspirasi," sambungnya.

Baca juga: Paud di Tangerang Gagal PTM karena Gedung Disegel, Diduga Tak Beri Upeti ke Oknum RW:Murid Terlantar

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memberi sebuket bunga ke salah satu murid saat peringatan Hari Guru Nasional 2021 di kantor Dinas Pendidikan DKI Jakarta, Jakarta Selatan, Kamis (25/11/2021). 
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memberi sebuket bunga ke salah satu murid saat peringatan Hari Guru Nasional 2021 di kantor Dinas Pendidikan DKI Jakarta, Jakarta Selatan, Kamis (25/11/2021).  (Istimewa)

Selain menginspirasi, Anies mengharapkan seorang guru juga dapat menciptakan ekosistem sekolah yang menantang, namun menyenangkan.

Harapannya, supaya setiap murid bisa terpacu motivasinya untuk terus belajar dan meraih prestasi maksimal.

"Berikan yang menantang tapi menyenangkan, karena sebuah sekolah yang baik itu diukur dari muridnya. Apabila murid ingin balik menerima pembelajaran di sekolah, maka sekolah itu menyenangkan," tuturnya.

"Tapi apabila murid berat hati saat bersekolah, maka sekolah jadi masalah, dan ini jangan terjadi di Jakarta," tambahnya.

Baca juga: Pedagang Pasar Cibubur Tolak Larangan Jual Minyak Goreng Curah: Masyarakat Kecil Membutuhkan

Baca juga: Hasil Kerja Tak Jelas, Anggaran TGUPP Bentukan Anies Dipangkas DPRD DKI jadi Rp 12,5 Miliar

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta Nahdiana menjelaskan bahwa tema peringatan Hari Guru Nasional tahun ini adalah ‘Bergerak dengan Hati Pulihkan Pendidikan’. 

Namun, pihaknya melakukan penyelarasan, sehingga tema peringatan Hari Guru di DKI Jakarta adalah ‘Mendidik dengan Hati, Membangun Negeri, Tak Tergantikan Teknologi’.

“Ini merupakan bagian dari semangat kami bahwa peran guru bersatu tanpa melihat latar belakang untuk memberikan layanan pendidikan secara total dan menyeluruh. Kita juga membersamai anak-anak kami di dua tahun yang penuh tantangan (pandemi) untuk mewujudkan pendidikan berkualitas dan tuntas di Jakarta,” kata dia.

Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved