Breaking News:

Kebarangkatan di 2 Terminal Bus AKAP Jakarta Melonjak, Sehari Bisa Sampai 700 Penumpang

Dinas Perhubungan DKI Jakarta mencatat lonjakan keberangkatan penumpang di dua terminal bus antar kota antar provinsi (AKAP) menjelang hari raya Natal

Penulis: Bima Putra | Editor: Wahyu Septiana
TRIBUNJAKARTA.COM/BIMA PUTRA
Sausana Terminal Kampung Rambutan di Ciracas, Jakarta Timur - Dinas Perhubungan DKI Jakarta mencatat lonjakan keberangkatan penumpang di dua terminal bus antar kota antar provinsi (AKAP) menjelang hari raya Natal 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Bima Putra

TRIBUNJAKARTA.COM, CIRACAS - Dinas Perhubungan DKI Jakarta mencatat lonjakan keberangkatan penumpang di dua terminal bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) menjelang hari raya Natal 2021.

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo mengatakan lonjakan keberangkatan penumpang terlihat di Terminal Pulogebang dan Kampung Rambutan, Jakarta Timur.

Di Terminal Kampung Rambutan, Kecamatan Ciracas, lonjakan keberangkatan penumpang bus AKAP tampak sejak Kamis (23/12/2021) atau H-2 hari raya Natal.

"Peningkatannya sedikit dari 600 penumpang hari sebelumnya, pada H-2 kemarin pada tanggal 23 itu terjadi peningkatan dari 600 menjadi 700-an penumpang," kata Syafrin di Jakarta Timur, Jumat (24/12/2021).

Untuk di Terminal Kampung Rambutan, lonjakan keberangkatan penumpang didominasi tujuan Sumatera, jumlah ini masih dapat melonjak karena belum termasuk data pada 24 Desember 2021.

Baca juga: Petugas Temukan Bus Pariwisata Dialihkan Jadi AKAP di Terminal Rambutan, Incar Momentum Akhir Tahun

Lonjakan keberangkatan penumpang bus AKAP pada Kamis (23/12/2021) juga terjadi di Terminal Pulogebang, Kecamatan Cakung, yakni dari rata-rata 200 penumpang per hari menjadi 400.

"Kemarin (di Terminal Pulogebang) menjadi 400 penumpang. Artinya ada peningkatan 30 persen dibanding hari sebelumnya untuk tanggal 23 Desember kemarin," ujarnya.

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo saat meninjau Terminal Kampung Rambutan, Kecamatan Ciracas, Jakarta Timur, Jumat (24/12/2021).
Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo saat meninjau Terminal Kampung Rambutan, Kecamatan Ciracas, Jakarta Timur, Jumat (24/12/2021). (TRIBUNJAKARTA.COM/BIMA PUTRA)

Terminal Kampung Rambutan dan Pulogebang sendiri merupakan dua dari tiga terminal melayani bus AKAP di Provinsi DKI Jakarta selain Terminal Kalideres, Jakarta Barat.

Guna memastikan aspek keselamatan, Syafrin menuturkan pihaknya melakukan ramp check atau pemeriksaan laik jalan terhadap seluruh armada bus AKAP dan pemeriksaan kesehatan awak bus.

Merujuk hasil pemeriksaan tim dokter yang melakukan pemeriksaan kesehatan terhadap awak bus, hingga tidak ditemukan ada awak bus yang mengalami sakit berat.

Baca juga: Petugas Temukan Bus Pariwisata Dialihkan Jadi AKAP di Terminal Rambutan, Incar Momentum Akhir Tahun

"Rata-rata pramudi itu bisa mengemudikan kendaraan walaupun ada di antaranya tekanan darahnya tinggi. Tetapi masih wajar. Demikian pula hasil tes urine itu semua negatif, tidak ada yang positif," tuturnya.

Tampak area tunggu keberangkatan Terminal Kampung Rambutan, Kecamatan Ciracas, Jakarta Timur, Jumat (24/12/2021).
Tampak area tunggu keberangkatan Terminal Kampung Rambutan, Kecamatan Ciracas, Jakarta Timur, Jumat (24/12/2021). (TRIBUNJAKARTA.COM/BIMA PUTRA)
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved