Breaking News:

Alasan IDAI Tak Rekomendasikan Sekolah Tatap Muka 100% Buat Anak Usia di Bawah 12 Tahun

IDAI tak merekomendasikan pembelajaran tatap muka dengan kapasitas 100% untuk anak usia di bawah 12 tahun.

Dwi Putra Kesuma/ Tribun Jakarta
PTM di SDN 6 Beji, Kota Depok, Selasa (28/9/2021). Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) tak merekomendasikan pembelajaran tatap muka dengan kapasitas 100% untuk anak usia di bawah 12 tahun. 

Laporan wartawan TribunJakarta.com, Pebby Adhe Liana

TRIBUNJAKARTA.COM, JAKARTA - Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) tak merekomendasikan pembelajaran tatap muka (PTM) dengan kapasitas 100% untuk anak usia di bawah 12 tahun.

Dalam surat rekomendasi IDAI pemutakhiran 2 Januari 2022 yang ditandatangani oleh Ketua Umum IDAI, Piprim Basarah Yanuarso, disebutkan ada beberapa rekomendasi terkait sekolah tatap muka yang digolongkan berdasarkan katagori tingkat usia anak.

Rekomendasi tersebut, dikeluarkan dengan melihat beberapa hal sebagai bahan pertimbangan.

Salah satunya, ialah ditemukannya Varian Omicron di Indonesia.

Pembelajaran tatap muka, didorong untuk dilakukan secara hybrid yakni 50% luring, dan 50% daring untuk anak usia 6-11 tahun dengan mempertimbangkan beberapa kondisi.

Baca juga: PTM Terbatas 100% Butuh Persetujuan Orangtua, Disdik DKI: Sekolah Harus Berikan Layanan E-Learning

Diantaranya tidak ada peningkatan kasus Covid- 19 di daerah tersebut, dan tidak adanya transmisi lokal Omicron di daerah tersebut.

Selain itu, pembelajaran tatap muka juga dapat dilakukan dengan metode hybrid yakni 50% luring, 50% daring secara outdoor atau di luar ruangan, jika masih ditemukan kasus Covid-19 namun positivity rate dibawah 8%, atau ditemukan transmisi lokal Omicron yang masih dapat dikendalikan.

"Fasilitas outdoor yang dianjurkan, antara lain seperti halaman sekolah, taman, pusat olahraga, atau ruang publik terpadu ramah anak," bunyi surat rekomendasi tersebut, seperti dikutip TribunJakarta, dalam website resmi IDAI, Senin (3/1/2022).

Selain itu, sekolah pembelajaran tatap muka, belum dianjurkan oleh IDAI untuk dilakukan oleh anak usia di bawah 6 tahun sampai dinyatakan tidak ada kasus baru Covid-19, atau tidak ada peningkatan kasus baru.

Baca juga: PTM Terbatas Kapasitas 100%, SDN Pondok Bambu 02 Perketat Pengawasan

Halaman
123
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved