Breaking News:

CPNS

Kemdikbudristek Umumkan Pengumuman Hasil Pasca Sanggah Seleksi CPNS, Simak Jadwal Terbarunya

Kedikbudristek menunda pengumuman hasil sanggah penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil ( CPNS) 2021.

Editor: Suharno
Tribun Jabar/Gani Kurniawan
ILUSTRASI cara cek pengumuman hasil SKD atau Seleksi Kompetensi Dasar bagi peserta seleksi CASN atau Calon Pegawai Negeri Sipil ( CPNS). 

TRIBUNJAKARTA.COM - Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi ( Kedikbudristek) menunda pengumuman hasil sanggah penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil ( CPNS) 2021.

Sedianya, Kedikbudristek akan mengumumkan apakah menerima atau menolak alasan sanggah yang diajukan peserta pada 4-6 Januari 2022.

Namun, melalui Surat Pengumuman Nomor: 3185/A.A3/KP.01.00/2022 yang diunggah pada laman cpns.kemdikbud.go.id, Kemdikbudristek merevisi tanggal pengumuman hasil sanggah menjadi 9-11 Januari 2022.

Mundurnya pengumuman hasil sanggah CPNS 2021 Kemdikbudristek juga membuat tahap berikutnya, yakni pengisian daftar riwayat hidup (DRH) ikut tertunda.

Baca juga: BKN Jelaskan Terkait Ramainya Kabar Penempatan CPNS Diacak: Tidak Bisa Mutasi

Pengisian DRH seharusnya dilakukan pada 7-21 Januari 2022, kini bergeser menjadi 12-26 Januari 2022.

"Demikian pengumuman ini disampaikan untuk menjadi perhatian. Mohon maaf atas ketidaknyamanan dalam proses pelaksanaan seleksi ini," ujar Sekretaris Jenderal selaku Ketua Tim Pengadaan CPNS Kemendikbud Ristek 2021 Suharti dalam suratnya, Jumat (7/1/2022).

TONTON JUGA:

Tahap pemberkasan

Peserta yang dinyatakan lulus tahap akhir CPNS 2021 Kemdikbudristek diminta mengisi DRH dan menyampaikan kelengkapan dokumen secara elektronik melalui akun masing-masing peserta pada laman https://sscasn.bkn.go.id.

Baca juga: Spoiler One Piece Chapter 1037, Para Angkatan Laut yang Tiba di Wanokuni Terkejut Lihat Bayangan

Kelengkapan dokumen yang harus diunggah peserta adalah sebagai berikut:

  • Pas foto terbaru berpakaian formal dengan latar belakang merah;
  • File scan berwarna ijazah pendidikan asli (ijazah penyetaraan DIKTI untuk lulusan luar negeri) yang digunakan untuk melamar formasi CPNS (file pdf);
  • File scan berwarna transkrip nilai asli yang digunakan untuk melamar formasi CPNS (file pdf);
  • File scan berwarna surat pernyataan 5 poin sesuai dengan peraturan BKN No. 14 Tahun 2018 dan surat pernyataan yang disyaratkan oleh Kemdikbudristek. Masing-masing file dibubuhi dengan tanda tangan dan meterai, kemudian digabung menjadi 1 (satu) file dan diunggah (file pdf);
  • File scan berwarna Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) yang masih berlaku sampai dengan Maret 2022 (file pdf);
  • File scan berwarna surat keterangan sehat jasmani dan rohani dari dokter yang berstatus PNS atau dokter yang bekerja pada Unit Pelayanan Kesehatan Pemerintah, yang dibuat dan ditetapkan pada Januari 2022. Apabila surat keterahan sehat jasmani terpisah dari surat keterangan sehat rohani, maka file tersebut digabung menjadi 1 (satu) file untuk selanjutnya diunggah (file pdf);
  • File scan berwarna surat keterangan tidak mengonsumsi/menggunakan narkoba, psikotropika, serta zat-zat adiktif lainnya dari unit pelayanan kesehatan pemerintah, yang dibuat dan ditetapkan pada Januari 2022 (file pdf);
  • File scan berwarna bukti pengalaman kerja yang telah dilegalisir oleh pejabat yang berwenang (apabila memiliki masa kerja) (file pdf);
  • File scan berwarna hasil cetak (print out) DRH yang diunduh dari laman SSCASN yang pada bagian nama, tempat lahir, dan tanggal lahir ditulis tangan sendiri menggunakan huruf balok/kapital (file pdf). DRH dibubuhi meterai dan ditandatangani sendiri oleh peserta. Penulisan nama, tempat lahir, dan tanggal lahir serta penandatanganan dokumen menggunakan tinta warna hitam.

Peserta Bisa Dianggap Mengundurkan Diri

Apabila sampai batas waktu yang ditentukan peserta yang dinyatakan lulus dalam tahap akhir seleksi CPNS Kemdikbudristek tidak dapat memenuhi/melengkapi kelengkapan dokumen, maka yang bersangkutan dianggap tidak memenuhi syarat.

Kemudian, jika peserta memilih untuk mengundurkan diri, maka wajib membuat dan mengunggah surat pengunduran diri yang ditandatangani sendiri oleh peserta di atas meterai, sehingga kebutuhan jabatan yang bersangkutan dapat diisi/diganti dari peserta urutan berikutnya sepanjang memenuhi ketentuan.

Peserta pengganti akan diumumkan melalui laman https://cpns.kemdikbud.go.id.

Dalam hal peserta yang dinyatakan lulus tahap akhir seleksi CPNS 2021 Kemendikbud Ristek dan sudah mendapatkan persetujuan Nomor Induk Pegawai (NIP) kemudian mengundurkan diri, kepadanya diberikan sanksi tidak boleh melamar pada penerimaan Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk satu periode berikutnya.

Kemdikbudristek mengimbau agar tidak mempercayai apabila ada orang/pihak tertentu (calo) yang menjanjikan dapat membantu kelulusan dalam setiap tahapan seleksi dengan keharusan menyediakan sejumlah uang atau dalam bentuk apapun.

"Kelulusan pelamar ditentukan oleh kemampuan dan kompetensi pelamar," tulis Kemdikbudristek dalam surat pengumuman bernomor 92313/A.A3/KP.01.00/2021 tentang Hasil Akhir Seleksi Penerimaan Calon PNS Kemdikbudristek Tahun 2021.

Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved