Antisipasi Virus Corona di DKI

Muncul Kasus Omicron di Cipinang Cempedak, Diduga Berasal dari Anak yang Terpapar di Kantor

Seorang ibu dan anak berusia 12 tahun warga RT 03/RW 08, Kelurahan Cipinang Cempedak, Kecamatan Jatinegara, Jakarta Timur terkonfirmasi Covid-19 varia

Penulis: Bima Putra | Editor: Wahyu Septiana
GETTY IMAGES via BBC INDONESIA
Varian baru virus corona yang ditemukan - Seorang ibu dan anak berusia 12 tahun warga RT 03/RW 08, Kelurahan Cipinang Cempedak, Kecamatan Jatinegara, Jakarta Timur terkonfirmasi Covid-19 varia 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Bima Putra

TRIBUNJAKARTA.COM, JATINEGARA - Seorang ibu dan anak berusia 12 tahun warga RT 03/RW 08, Kelurahan Cipinang Cempedak, Kecamatan Jatinegara, Jakarta Timur terkonfirmasi Covid-19 varian Omicron.

Ketua RT 03/RW 08 Antoni Syukur mengatakan warganya diketahui terkonfirmasi Covid-19 berdasar hasil tes swab PCR yang dilakukan Puskesmas Kecamatan Jatinegara.

"Saya ditelepon batuk flu atau apa begitu, hasilnya belum dikasih tau besoknya baru dikasih tahu bidan kita hasilnya. Positif Omicron katanya," kata Antoni di Jakarta Timur, Senin (10/1/2022).

Merujuk hasil penelusuran pihak Puskesmas Kecamatan Jatinegara, menurutnya mereka terpapar Covid-19 varian Omicron dari satu anak lain yang sudah berusia dewasa.

Anak yang sudah berusia dewasa tersebut diduga terpapar Covid-19 varian Omicron di tempat kerjanya, kemudian menular kepada ibu dan adik lewat kontak erat di antara keluarga.

Baca juga: Jelang Vaksin Booster 12 Januari, Pemprov DKI Jakarta Tunggu Kebijakan Pemerintah Pusat

"Informasi (tertular) dari anaknya yang kerja dikantor, informasi dari bidannya ya. Ini kebetulan rumah orang tuanya," ujarnya.

Namun anak yang dewasa kini disebut sudah sembuh dari Covid-19 dan tidak lagi tinggal bersama di rumah orangtuanya, sehingga tersisa ibu dan anak yang masih terkonfirmasi.

Ilustrasi virus corona varian Omicron asal Afrika Selatan dan disebut tidak bisa dilawan vaksin virus corona saat ini
Ilustrasi virus corona varian Omicron asal Afrika Selatan dan disebut tidak bisa dilawan vaksin virus corona saat ini (freepik)

Mereka menjalani isolasi mandiri di rumah dengan pemantauan ketat dari Satgas Covid-19 RT/RW, dan Kelurahan, serta diminta mematuhi protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

"Dia (ibu yang terkonfirmasi Covid-19) fokus ke orang tuanya (satu rumah) karena orang tuanya enggak ada yang rawat."

"Di rumah sama orangtuanya, orangtuanya di lantai bawah, dia di atas misah," tutur Antoni.

Kondisi rumah ini yang jadi pertimbangan pihak Satgas Covid-19 Kelurahan Cipinang Cempedak mengizinkan ibu dan anak tidak dievakuasi ke Rumah Sakit (RS) Darurat Covid-19 Wisma Atlet.

Selama menjalani isolasi mandiri ibu dan anak diminta tidak keluar rumah, sementara kebutuhan logistik mereka dipasok pihak Satgas Covid-19 RT/RW, dan Kelurahan.

Baca juga: Tak Bisa Hentikan PTM 100 % Meski Covid-19 Melonjak, Wagub Ariza Ungkap Terbentur Aturan Pusat

Ibu dan anak jalani isolasi mandiri di rumah

Halaman
12
Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved