Breaking News:

Jembatan Kereta di Jalan Matraman Raya Sampai Stasiun Jatinegara Ditetapkan Sebagai Cagar Budaya

Pemprov DKI telah menetapkan 14 objek di Ibu Kota sebagai cagar budaya. Dua di antaranya, jembatan kereta api yang ada di Jalan Matraman Raya.

Penulis: Pebby Ade Liana | Editor: Wahyu Septiana
TRIBUNJAKARTA.COM/PEBBY ADHE LIANA
Jembatan Kereta di Jalan Matraman Raya Sampai Stasiun Jatinegara Ditetapkan Sebagai Bangunan Cagar Budaya 

Laporan wartawan TribunJakarta.com, Pebby Adhe Liana

TRIBUNJAKARTA.COM, JAKARTA - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, telah menetapkan 14 objek di Ibu Kota sebagai cagar budaya sepanjang tahun 2020-2021.

Dua di antaranya, ialah jembatan kereta api yang ada di Jalan Matraman Raya, dan juga Stasiun Jatinegara Jakarta Timur.

Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta, Iwan Henry Wardhana mengatakan, penetapan objek sebagai cagar budaya itu, merupakan bagian dari upaya dalam melindungi aset budaya yang dimiliki Pemprov DKI Jakarta.

Selain itu, hal ini juga merupakan bagian dari amanat yang tertuang dalam Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2010 tentang cagar budaya sebagai upaya pelestarian.

"Penetapan ini, menjadi dasar hukum yang jelas sebagai landasan pelestarian cagar budaya,” kata dia, dalam keterangan persnya yang dikutip TribunJakarta, Rabu (12/1/2022).

Baca juga: Dikira Pulang Kampung, Tukang Lontong Sayur di Pademangan Ditemukan Meninggal di Dalam Sumur

Iwan menjelaskan, bahwa penetapan objek tersebut menjadi bangunan Cagar Budaya sebelumnya telah melalui beberapa kajian yang cukup panjang.

Dimana kajian tersebut telah diverifikasi oleh Tim Ahli Cagar Budaya Provinsi DKI Jakarta, dengan melakukan survei, riset daftar pustaka, dan melakukan pembahasan kajian.

Jembatan Kereta di Jalan Matraman Raya Sampai Stasiun Jatinegara Ditetapkan Sebagai Bangunan Cagar Budaya
Jembatan Kereta di Jalan Matraman Raya Sampai Stasiun Jatinegara Ditetapkan Sebagai Bangunan Cagar Budaya (TRIBUNJAKARTA.COM/PEBBY ADHE LIANA)

Selanjutnya, proses penyusunan kajian dilakukan dalam beberapa rapat pembahasan agar menghasilkan dokumen kajian yang dapat dipertanggungjawabkan secara hukum dan ilmiah.

Adapun kriteria penentuan objek untuk menjadi cagar budaya, antara lain ialah bangunan sudah berusia 50 tahun atau lebih, mewakili gaya paling singkat berusia 50 tahun, memiliki arti khusus bagi sejarah, ilmu pengetahuan, pendidikan, agama, dan/atau kebudayaan, serta memiliki nilai budaya bagi penguatan kepribadian bangsa.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved