Breaking News:

Permintaan Evakuasi ke Damkar Jaktim Melonjak 30,4%, Kebakaran Hingga Cincin Nyangkut di Jari

Jumlah warga yang meminta bantuan penyelamatan pada berbagai kasus ke jajaran Sudin Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Jakarta Timur melonjak.

Bima Putra/TribunJakarta.com
Personel Damkar Jakarta Timur saat proses evakuasi Buaya Muara milik Prabowo Soenirman (65) di Duren Sawit, Jumat (14/1/2022). Jumlah warga yang meminta bantuan penyelamatan pada berbagai kasus ke jajaran Sudin Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Jakarta Timur melonjak. 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Bima Putra

TRIBUNJAKARTA.COM, MATRAMAN - Jumlah warga yang meminta bantuan penyelamatan pada berbagai kasus ke jajaran Sudin Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Jakarta Timur melonjak.

Kasi Ops Sudin Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Jakarta Timur, Gatot Sulaeman mengatakan pihaknya mencatat terjadi lonjakan permintaan evakuasi pada 2021.

"Ada peningkatan 30.4 % dibanding 2020. Semakin banyak warga yang tahu kalau Damkar sekarang tidak hanya menangani kebakaran," kata Gatot saat dikonfirmasi di Jakarta Timur, Sabtu (15/1/2022).

Warga yang tadinya bingung karena masalah evakuasi seperti kunci kendaraan yang jatuh ke saluran air, melepaskan cincin tersangkut di jari kini melapor meminta bantuan evakuasi.

Bahkan warga yang mendapati hewan liar seperti Ular, Biawak, dan sarang tawon kini tidak ragu meminta bantuan evakuasi karena yakin laporan mereka bakal cepat ditindaklanjuti personel Damkar.

Baca juga: Rumah Tahfidz Quran di Bekasi Kebakaran, Santri Asal Filipina Tewas Terperangkap Kobaran Api

Baca juga: Personel Damkar Kewalahan Saat Evakuasi Buaya Muara Milik Prabowo di Duren Sawit

"Tahun 2021 penyelamatan paling banyak itu sarang tawon, sebanyak 584 dievakuasi. Kasus lain seperti kunci kendaraan yang jatuh ke saluran air dan sebagainya sebanyak 487 kasus," ujarnya.

Sementara pada peringkat tiga permintaan evakuasi yakni Ular dengan jumlah 177 kasus, penyelamatan air seperti orang tercebur sebanyak 47, dan evakuasi kecelakaan lalu lintas 26 kasus.

Personel Damkar Jakarta Timur saat proses pemadaman genset minimarket di Jalan Lapan, Gang Lewa, Kelurahan Pekayon, Pasar Rebo, Kamis (13/1/2022)
Personel Damkar Jakarta Timur saat proses pemadaman genset minimarket di Jalan Lapan, Gang Lewa, Kelurahan Pekayon, Pasar Rebo, Kamis (13/1/2022) (Dokumentasi Damkar Jakarta Timur)

Gatot memastikan jajarannya bakal menindaklanjuti setiap laporan permintaan evakuasi warga yang masuk, bahkan hal yang terkesan sepele seperti membuka pintu yang terkunci.

Dia memastikan seluruh personel yang dikerahkan melakukan evakuasi memiliki kemampuan mumpuni, serta didukung alat penunjang keselamatan untuk melakukan evakuasi dalam berbagai kasus.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved